Pentingnya Penyusunan Job Description Yang Benar Dalam Sebuah Stasiun Radio

Bekerja di dunia broadcast, terutama dalam dunia penyiaran radio memang di satu sisi cukup menyenangkan karena fleksibilitas waktu yang ada. Namun di satu sisi, pressure yang didapatkan juga cukup besar apalagi dalam dunia radio profesional yang tentunya sangat menitikberatkan kepada sistem siaran yang tepat waktu, adanya sistem deadline untuk setiap program kerja dan berbagai macam instrumen yang harus dipenuhi demi terciptanya lingkungan kerja yang baik dan tertata rapi.

Salah satu instrumen administrasi dan personalia yang harus ada dalam sebuah perusahaan adalah adanya job description atau deskripsi/penjelasan pekerjaan. Intinya deskripsi pekerjaan adalah penyataan tertulis mengenai gambaran suatu pekerjaan, kondisinya, dan hubungannya dengan bagian lain dalam organisasi.

Pengaruh adanya job des description yang tersusun rapi dan jelas akan berdampak kepada antusiasme para karyawan dalam menjalankan tugas danĀ  pekerjaan mereka. Jika job description tidak tersusun dengan jelas dan rapi maka tidak mungkin para karyawan akan kebingungan di dalam menjalankan tugas dan pekerjaan yang seharusnya mereka lakukan dalam rentang waktu jam kerja yang sudah ditentukan.

Idealnya, setiap perusahaan atau yang dibahas disini adalah stasiun radio harus memiliki standar baku dalam penyusunan job desc terutama untuk posisi penting yang sudah ada. Dalam sebuah stasiun radio, ada cukup banyak bagian pekerjaan yang jika dipecah secara detail maka akan menghasilkan posisi pekerjaan yang tidak sedikit. Maka dari itu sebelum sebuah stasiun radio berdiri dan merekrut orang-orang yang akan dijadikan sebagai karyawan/kru maka sebaiknya pihak manajemen inti harus sudah memiliki susunan jobdesc yang jelas agar tentunya ketika sebuah stasiun radio sudah mulai beroperasi dan mengudara, tidak akan ada lagi yang namanya kebingungan dan ketidakjelasan bagi setiap karyawan di dalam menjalankan pekerjaan mereka.

Pengaruh jobdesc yang jelas juga akan memberikan dampak kepada efektifitas waktu karyawan, dengan sebuah penjelasan pekerjaan yang telah diatur secara gamblang maka karyawan akan langsung fokus dengan apa yang akan dikerjakannya, minimal pekerjaan rutin yang memang kebutuhannya intens dan merupakan bagian pekerjaan inti dari setiap bagian yang ada pada sebuah stasiun radio.

Nah, bagaimana penjelasan tentang Cara Menyusun Jobdesc Yang Benar, Insya Allah akan kita lanjutkan pada postingan selanjutnya ^^

Salam

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *