Deskripsi Pekerjaan (Jobdesc) Manager Station

manager station radio

Sahabat pecinta radio, mungkin kita lebih mengenal para penyiar radio dibandingkan para kru lainnya yang ada dalam sebuah stasiun radio. Namun, sebenarnya selain penyiar yang sering menyapa kita melalui berbagai macam program acara di dalamnya. Sebuah stasiun radio, dalam kegiatan operasionalnya dipimpin oleh seseorang yang seringkali disebut manager station.

Jabatan manager station, memang bukan sebuah jabatan yang harus ada dalam sebuah stasiun radio. Apalagi di zaman ini dimana banyak sekali stasiun radio yang melakukan efisiensi kru sehingga memaksimalkan beberapa pekerjaan ke dalam satu jabatan saja. Ada juga yang mengganti jabatan manager station hanya dengan manager siaran yang khusus menangani pekerjaan terkait siaran saja. Adapun terkait dengan pekerjaan kesekretariatan dan yang berkaitan dengan lancarnya seluruh kegiatan operasional radio, Direktur biasanya mempercayakan pada Sekretaris.

Manager station bertanggung jawab kepada General Manager (jika ada) atau langsung kepada Direktur. Adapun dibawahnya maka akan ada divisi-divisi seperti divisi siaran, produksi, offair, teknis, dll.

 

Adapun fungsi dari Manager Station adalah memimpin dan mengkoordinir semua proses administrasi dan jalannya siaran.

Sedangkan untuk deskpripsi pekerjaannya yaitu:

  1. Bertanggung jawab secara penuh kepada General Manager/Direktur.
  2. Menyampaikan laporan seluruh aktivitas perusahaan setidaknya setiap bulan kepada Direktur.
  3. Dalam menjalankan program siaran radio, Manager Station harus dapat  mempertanggung jawabkannya baik secara hukum maupun dihadapan Direktur dan Komisaris.
  4. Dalam menjalankan tugasnya, Manager Station mempunyai wewenang penuh dalam pengambilan keputusan dan kebijakan terutama dalam hal kepenyiaran.
  5. Demi keamanan dan menjaga stabilitas, Manager Station mempunyai wewenang penuh melakukan penghentian siaran tanpa terlebih dahulu berkoordinasi dengan Direktur.
  6. Untuk memperkuat posisioning perusahaan, Manager Station harus dapat menjaga hubungan baik dengan stake holder (pemerintah, relasi bisnis, masyarakat, tokoh masyarakat, akademisi dan karyawan).
  7. Manager Station harus menyusun, merencanakan program yang tepat dan relevan sesuai dengan target perusahaan, dalam hal ini target pendengar radio.
  8. Agar koordinasi di semua bagian dapat berjalan dengan baik, Manager Station harus melakukan rapat atau pertemuan yang dilaksanakan minimal seminggu sekali.
  9. Manager Station bertanggung jawab penuh segala bentuk administrasi,  terutama yang  berkenaan dengan arsip dan dokumentasi surat penting lainnya.
  10. Manager Station diwajibkan membawakan pogram siaran sesuai dengan jadwal dan terikat dalam aturan siaran
  11. Mengatasi permasalahan yang terjadi di luar perencanaan atau perubahan yang terjadi di luar kontrol; misal konflik yang terjadi antar divisi.
  12. Menjadi sumber berita; memberitahukan informasi yang didapat dari luar kepada para karyawan.
  13. Mengarahkan para karyawan untuk melaksanakan tugas mereka dengan antusias dan efektif.

Kualifikasi dan Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang manager station diantaranya adalah :

  1.  Pendidikan minimum D3 atau telah bekerja minimal 2 tahun.
  2. Mampu memimpin bawahan minimal 5 orang.
  3. Mampu melakukan koordinasi dengan bagian lain.
  4. Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.
  5. Mampu memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan seluruh divisi yang ada di radio.

Nah, demikian sahabat radio semua. Penjelasan mengenai fungsi dan deskripsi dari Manager Station dalam sebuah perusahaan radio. Semoga bermanfaat!

sumber gambar: https://www.wboi.org/post/student-run-radio-station-makes-point-fort-wayne

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

One Response to “Deskripsi Pekerjaan (Jobdesc) Manager Station”

  1. […] Adapun Fungsi dan Jobdesc dari Manager Station di Radio Dakwah, Anda bisa melihat di postingan berikut ini {KLIK} […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>