Bagaimana Menangani Tugas Manajemen Radio yang Baru

manajer radio baru

Ketika Anda diamanahkan untuk menjadi manajer, tentu Anda harus mempelajari terlebih dulu tentang semua sistem dan manajemen yang ada dan telah berjalan di stasiun radio tersebut. Apalagi untuk Anda yang memang baru saja menjabat menjadi seorang manajer dan belum mempunyai pengalaman menjadi seorang manajer. Anda harus lebih banyak lagi mengamati dan mempelajari berbagai hal agar Anda bisa menjalani berbagai tugas Anda sebagai seorang manajer dengan baik. Nah yuk kita lakukan 7 hal berikut ini ketika Anda menangani tugas manajemen di stasiun radio yang baru:

1. Bicaralah dengan orang
Sesegera mungkin setelah penunjukan anda, temui semua staf —secara kelompok atau secara perorangan— tergantung pada besar kecilnya stasiun radio anda. Bicaralah kepada orang mengenai tugasnya. Perjelas apa yang anda harapkan dari mereka dan beritahu bagaimana biasanya anda bekerja. Tindak lanjuti dengan berbicara kepada orang-orang yang mempunyai urusan dengan stasiun radio anda — para pengiklan, perwakilan pendengar, pimpinan bisnis dan pemerintahan, dan para pemasok barang.

2. Bacalah semua yang relevan
Bacalah semua arsip dan dokumen yang penting. Lihat catatan yang berisi informasi mengenai pendengar, pengiklan, perlengkapan, staf, anggaran dan masalah keuangan lainnya. Pelajari segala macam laporan lampau —laporan bulanan, review stasiun rado, evaluasi staf. Cari semua informasi mengenai stasiun, sejarahnya, kondisi sekarang dan masalah yang dihadapinya.

3. Dengarkan apa yang dibicarakan orang
Luangkan banyak waktu untuk mendengarkan apa yang dikatakan orang tentang stasiun radio itu . Berbicaralah khususnya dengan orang-orang yang berhubungan dengan stasiun, para pengiklan dan pendengar.

4. Luangkan waktu untuk mengevaluasi staf
Jangan terburu-buru menilai stasiun radio dan stafnya. Sediakan waktu untuk mengevaluasi nilai sebenarnya dari apa yang telah anda warisi : program, staf dan cara mereka melakukan segala sesuatu.

5. Amati organisasi anda dengan cermat
Cermati setiap sudut organisasi itu. Pelajari bagaimana cara kerja segala sesuatu. Ketahui kemana uang dibelanjakan. Cari informasi mengenai pekerjaan orang-orang. Teliti apa yang dipikirkan oleh pendengar mengenai stasiun anda.

6. Perkenalkan perubahan secara bertahap
Perubahan-perubahan yang terjadi sekaligus dapat merusak moril. Manajer baru sering ingin melakukan banyak perubahan. Anda harus merencanakan dan memperkenalkan perubahan secara bertahap, bukan sekaligus. Dengan cara ini , perubahan akan dapat lebih diterima dan orang lain akan mengerti apa yang ingin anda lakukan.

7. Tetapkan kebijakan yang baik
Buat kebijakan dan peraturan yang sesuai dan edarkan ke seluruh staf. Jelaskan gunanya . Beri waktu untuk bertanya dan berdiskusi. Bersiaplah untuk mengubahnya jika perlu. Belajar untuk mengenal masyarakat sekitar anda Jika anda orang baru di kota atau daerah itu, cari informasi mengenai tempat-tempat yang perlu diketahui dan siapa tokoh di sana. Libatkan diri dalam kegiatan lokal, perkumpulan, badan olah raga dan proyek masyarakat. Seorang manajer radio adalah salah seorang di kota atau daerah itu yang diharapkan menjadi orang yang mengetahui banyak tentang apa yang terjadi. Anda hanya dapat memenuhi harapan ini jika bergaul dengan banyak orang.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai seorang manajer ketika Anda menangani tugas manajemen di stasiun radio yang baru. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>