Bagaimana Cara Manajer Radio Menjalankan Organisasi Bermanajemen Buruk

Business man drawing social network structure

Halo sahabat MR, terkadang satu saat kita diamanahi jabatan menjadi seorang manajer dimana stasiun radio yang kita baru saja tempati ini memiliki manajemen organisasi yang buruk, atau lebih diperhalus lagi menjadi kalimat “kurang begitu baik”. Nah tentu sebagai seorang pimpinan, kita harus bisa mengubah kondisi tersebut menjadi lebih baik. Tentunya stasiun radio yang memiliki manajemen yang bagus akan juga mempengaruhi kualitas dari stasiun radio tersebut, baik dari sisi penyiaran, produksi, sampai tentunya mempengaruhi juga pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan siarannya. Begitupun sebaliknya, jika sebuah stasiun radio memiliki manajemen yang buruk akan mempengaruhi kualitas dari semua hal yang berkaitan dengan berlangsungnya kegiatan di stasiun radio tersebut.

Lalu bagaimana caranya bagi Anda seorang manajer ketika mendapatkan stasiun radio yang dijalankan memiliki manajemen yang buruk? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Libatkan diri anda
Libatkan diri dalam semua bagian kegiatan stasiun yang penting. Temuilah supervisor dan staf lain secara kolektif dan perorangan. Jelaskan jenis perubahan yang ingin anda lakukan dan mintalah pendapat mereka.

2. Tentukan pendekatan anda
Pikirkan secara tuntas perubahan apa yang ingin anda lakukan. Kemudian bicarakan tuntas dengan orang-orang terpercaya. Modifikasi rencana anda jika perlu. Lalu adakan rapat staf. Jelaskan apa yang anda ingin capai. Sekali lagi yakinkan orang bahwa tidak akan ada perubahan besar tanpa konsultasi. Lalu bicarakan dengan mereka, dengar apa yang ingin mereka sampaikan dan pikir mengenai apa yang mereka katakan. Buat final perubahan itu, beritahu staf apa yang akan dilakukan dan segera buat perubahan itu. Tetapkan dan sepakati tujuan dengan masing-masing supervisor dan tetapkan batas waktu untuk pencapaiannya.

3. Ganti orang yang berkinerja buruk
Lihat kembali tanggung jawab masing-masing supervisor dan sesuaikan jika perlu. Identifikasi dan pindahkan supervisor lemah dan staf yang tidak berkinerja. Jika anda mempunyai wewenang untuk mengganti orang yang berkinerja buruk yang tidak mau bekerjasama, lakukanlah dan gantilah dengan orang yang bersemangat.

4. Libatkan orang lain
Libatkan sebanyak mungkin orang dalam pengembangan rencana. Mintalah saran untuk perbaikan dari seluruh organisasi atau stasiun untuk membuat perubahan yang anda gariskan. Pertimbangkan dengan cermat setiap saran dan laksanakan sebanyak mungkin saran itu.

5. Perbaiki sistem
Rencanakan untuk memperbaiki seluruh sistem dan praktek kerja yang buruk selama periode waktu yang wajar (misalnya enam bulan). Libatkan supervisor dan staf untuk melakukan hal ini.

6. Beri kepemimpinan
Motivasi staf dengan melibatkan mereka dalam proses perubahan dan menjamin bahwa mereka mendapat manfaat dari praktek kerja yang diperbaiki.

7. Pantau kemajuan
Pantau kemajuan orang. Pujilah kinerja yang baik dan koreksi kinerja yang buruk. Nasehati dan bantu supervisor dan staf untuk mencapai sasaran yang disepakati.

8. Informasikan staf
Beri informasi kepada staf melalui rapat secara teratur. Beri pujian terhadap kerjasama dan dorong upaya lanjut terhadap perbaikan organisasi. Kembangkan kebanggaan terhadap stasiun radio dengan memberi kebanggaan kepada orang- orang yang bekerja disitu.

Demikian 8 langkah bagaimana cara seorang manajer radio menjalankan atau mengubah stasiun radio yang memiliki manajemen yang buruk. Semoga bermanfaat.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>