Sekilas Ilmu Komunikasi bagi Seorang Manajer Radio

komunikasi karyawan

Ilmu komunikasi sangat bermanfaat bagi semua orang. Terlebih bagi seorang Manajer. Seorang Manajer harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dibanding yang lainnya. Karena seorang manajer akan bertemu dengan banyak orang, tidak hanya dengan orang-orang di dalam perusahaan tapi juga di luar perusahaan yang memang memiliki berbagai kepentingan dengan perusahaan atau stasiun radio/tv kita. Nah, berikut ini kita akan mengetahui sekilas tentang ilmu komunikasi terutama yang membahas tentang komunikasi antara pegawai/staff/kru dengan manajer atau pimpinannya.

Dengan siapa pegawai ingin berkomunikasi?

1. Berkomunikasi dengan sesama pegawai
Pegawai ingin berkomunikasi dengan sesama pegawai. Komunikasi yang baik antara anggota staf membantu moril, semangat tim, saling respek, pertukaran informasi dan pemecahan masalah pekerjaan dengan lebih mudah.

2. Berkomunikasi dengan supervisor
Pegawai ingin berkomunikasi dengan supervisor langsungnya. Mereka sangat mengandalkan supervisornya untuk nasehat, bimbingan dan informasi. Manajer yang baik selalu memastikan bahwa supervisornya terinformasi dengan baik.

3. Berkomunikasi dengan manajer
Para pegawai ingin berkomunikasi dengan manajer. Kebijakan ‘pintu terbuka’ dan berkeliling stasiun secara rutin oleh manajer memungkinkan staf untuk melakukan hal ini.

Dimana pegawai mendapat informasi?
Lima sumber utama menurut urutan pentingnya (survei AS dan Australia)
1) Supervisor langsung
2) Jalur desas desus
3) Buku pegangan pegawai
4) Papan pengumuman
5) Pertemuan kelompok kecil

Dimana pegawai ingin mendapat informasi?
Kelima sumber utama menurut pentingnya (survei AS dan Australia)
1) Supervisor langsung
2) Pertemuan kelompok kecil
3) Manajer senior
4) Buku pegangan pegawai
5) Program orientasi

Apa yang ingin dibicarakan oleh pegawai?

1. Membahas persoalan pekerjaan
Para pegawai biasanya antusias mengenai pembahasan masalah kerja. Manajer harus mendorong diskusi seperti itu. Bila diadakan diskusi, harus berlangsung dengan cara yang tenang dan konstruktif dengan fokus pada pencarian solusi.

2. Mengungkapkan masalah pribadi
Pegawai kadang-kadang ingin membicarakan masalah pribadi. Ini dapat berpengaruh besar terhadap kinerja di tempat tugas. Mereka mungkin perlu nasehat, dihibur atau bantuan yang seharusnya dapat ditawarkan oleh manajer.

3. Mendiskusikan pekerjaan dan program
Staf ingin membahas pekerjaan mereka, termasuk program yang disiarkan oleh stasiun. Mereka perlu dan lebih-lebih menghargai umpan balik dan saran dari anda dan pandangan staf lainnya.

4. Membahas kinerja pribadi
Pegawai ingin membahas kinerja mereka dengan supervisor atau manajer. Bila memang layak diberikan, pujian itu baik untuk moril. Kritik membangun juga akan dihargai oleh
pegawai.

5. Mendengarkan mengenai masa depan organsiasi
Pegawai senang bila diberi informasi tentang masalah perencanaan —mengenai apa yang direncanakan oleh manajer untuk masa depan. Ini mungkin meliputi program baru atau layanan penyiaran, peristiwa khusus, fasilitas baru, perubahan struktural, perpindahan staf dan sebagainya. Orang juga ingin mengetahui keadaan stasiun dalam hal pendengar dan pemasukan. Masa depan pekerjaan juga merupakan isu besar lainnya, terutama di dalam organisasi dimana terdapat banyak perubahan.

6. Mencari informasi mengenai prospek ke depan
Pegawai ingin mendiskusikan prospek mendatang dengan anda. Mereka ingin mengetahui kemungkinan promosi dan arah karier selanjutnya.

7. Membicarakan kondisi kerja
Staf ingin mendiskusikan kondisi kerja dengan manajemen. Mereka senang jika dapat menyarankan dan mendiskusikan perbaikan dan jika idenya didengarkan.

Nah, demikianlah sekilas pembahasan mengenai ilmu komunikasi terutama komunikasi dalam internal perusahaan/stasiun radio terutama diantara karyawan dengan manajernya. Semoga bermanfaat.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>