Mengapa Seorang Manajer perlu rencana & Bagaimana menggunakan rencananya

perencanaan yang baik

Halo sobat MR, seorang Manajer perlu untuk selalu membuat rencana. Bahkan untuk setiap harinya. Lalu apa itu rencana? Rencana adalah adalah pernyataan dari apa yang ingin anda capai di masa mendatang. Terutama bagi Anda seorang Manajer Radio dengan begitu banyak permasalahan yang kompleks. Dalam menjalankan seluruh kegiatan operasional tentunya harus selalu berdasarkan perencanaan yang baik dan matang. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai bagaimana menentukan rencana yang baik bagi seorang Manajer:

Ketahui kemana arah anda
Anda perlu merencana kemana arah organisasi anda. Ini memungkinkan anda untuk mendefinisi apa yang ingin anda lakukan dan kemudian bekerja dengan cara sistematis untuk menuju kesana. Tanpa adanya rencana yang baik, organisasi akan berjalan tanpa tujuan.

Jelaskan caranya untuk sampai kesana
Ada rencana dan rencana. Beberapa rencana dituliskan dan itu akhir cerita. Rencana tidak dijalankan. Agar dapat bermakna, rencana harus termasuk target yang spesifik, informasi mengenai caranya untuk dicapai, kerangka waktu untuk mencapainya dan nama orang-orang yang bertanggung jawab atas tercapainya. Kemudian harus dilakukan.

Periksa kemajuan
Salah satu tugas manajer adalah untuk memastikan bahwa rencana dilaksanakan secara efektif dan dalam batas waktu dan anggaran yang ditetapkan untuk mencapainya.

Ketahui bila anda telah mencapainya
Ketika anda telah mencapai target, anda tahu bahwa sudah sampai. Kini sudah waktunya untuk membuat rencana baru. Gunakan rencana lama untuk memandu apa yang harus dikerjakan berikutnya.

Lalu bagaimana menggunakan rencana yang sudah kita buat tersebut? Yuk kita simak caranya:

Gunakan rencana untuk memandu, bukan mengarahkan
Sebuah rencana harus memandu anda, bukan mengarahkan anda. ini berarti bahwa anda harus menginterpretasi rencana itu secara fleksibel. Anda harus selalu membandingkan rencana itu dengan situasi sesungguhnya. Rencana seperti peta jalan, bukan penjara.

Gantikan rencana jika perlu
Ketika situasi berubah, anda harus mengganti rencana anda. Kebanyakan rencana akan berubah beberapa kali antara ketika disiapkan dan ketika mencapai targetnya.

Bandingkan target yang direncanakan dan target yang dicapai
Pada akhir masa perencanaan, anda harus membandingkan dimana anda berada dengan dimana anda rencanakan anda untuk berada. Anda akan jelas mengenai suksesnya proses perencanaan dan pelaksanaan.

Demikianlah sobat MR, artikel mengenai mengapa seorang Manajer perlu rencana dan bagaimana menggunakan rencananya. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya. Aamiin.

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>