Bagaimana Menjadi Pemimpin Radio yang Baik

pemimpin yang baik

Banyak cara untuk menjadi pemimpin yang baik. Tentunya dimana saja kita memimpin, baik di rumah atau di tempat kerja kita. Apalagi bagi anda yang diamani sebagai pimpinan di stasiun radio. Banyak sekali ilmu tentang kepemimpinan atau leadership yang tentunya bisa kita pelajari. Seperti yang akan disampaikan pada postingan kali ini, mengenai 9 cara tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin radio yang baik.

1. Kembangkan pengenalan diri
Pemimpin yang baik mengenal diri sendiri dan ini berarti juga bahwa mereka mengerti kekuatan dan kelemahannya sendiri. Mereka juga mengenal kekuatan dan kelemahan stafnya dan orang lain yang mereka hadapi.

2. Bekerjalah secara teratur
Pemimpin perlu menetapkan tujuan, mengembangkan rencana dan melaksanakan serta mengevaluasinya. Mereka perlu mengetahui bagaimana menetapkan prosedur untuk mencapai tujuan ini. Mereka perlu mengajarkan prosedur ini kepada staf dan menjamin bahwa prosedur ini dipraktekkan. Ini disebut “well-organised”.

3. Beri pengakuan kepada staf
Beri pengakuan kepada staf anda atas kontribusinya secara perorangan atau kelompok. Katakan jika mereka telah bekerja dengan baik. Katakan bagaimana anda menghargai kerja keras mereka. Atau sesekali kunjungi mereka di tempat kerja atau di studio.

4. Aturlah sumber daya
Identifikasi, aturlah dan gunakan sumber daya yang sesuai untuk mencapai tugas yang sedang anda kerjakan. Sumber daya ini dapat berupa manusia, keuangan atau teknik. Ukurlah apa yang anda lakukan. Dengan mengukur, anda dapat mengetahui dengan pasti apakah anda berhasil atau tidak. Evaluasi kekuatan dan kelemahan dari segala sesuatu yang anda lakukan. Apakah anda mempunyai lebih banyak pendengar tahun ini daripada tahun lalu? Apakah mereka menilai stasiun lebih tinggi tahun ini daripada tahun lalu ? Apakah anda mendapat lebih banyak pemasukan iklan tahun ini daripada tahun lalu? Apakah stasiun lebih menguntungkan? Ini semua merupakan ukuran.


5. Teruslah belajar
Tetap berusaha untuk mengerti dan mengetahui lebih banyak mengenai segala sesuatu. Ubah setiap situasi menjadi pengalaman belajar. Jangan pernah merasa bahwa anda mengetahui segala sesuatu. Jangan terlalu tinggi hati untuk bertanya. Selalu tanyakan cara kerja sesuatu.

6. Mengerti kewenangan
Sebagai manajer anda diberi kewenangan , atau kekuasaan. Anda harus menerima kewenangan ini dan belajar menggunakannya secara bijaksana.

7. Bangkitkan kepercayaan orang
Anda akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain jika anda menangani masa kini dengan realistis dan efektif sementara mendefinisikan visi yang jelas dan dapat tercapai untuk masa depan.

8. Bersikap realistik
Belajarlah membedakan antara angan-angan dan kenyataan. Angan-angan adalah keadaan yang anda inginkan; kenyataan adalah bagaimana sesungguhnya keadaan saat itu.

9. Kembangkan orang
Bangkitkan orang-orang disekeliling anda untuk memahami potensi mereka sepenuhnya. Nasehati mereka. Bimbing mereka. Puji mereka. Dorong mereka. Bantu mereka untuk menjadi besar. Dan anda akan menjadi besar.

Nah, demikian cara-cara untuk bagaimana menjadi pemimpin radio yang baik. Semoga kita bisa memahami dan mempraktikannya. Selamat mencoba.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>