Bagaimana Manajer Radio berkomunikasi secara efektif

komunikasi manajer

Hubungan antara seorang Manajer dengan timnya harus berjalan dengan baik dan harmonis. Untuk itu seorang manajer radio harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai bagaimana cara berkomunikasi secara efektif. Nah, kita akan mengetahui caranya berikut ini, yuk kita simak!

1. Arahkan untuk hasil yang spesifik
Tetapkan tujuan yang jelas untuk komunikasi anda. Definisikan informasi dan ide apa yang anda inginkan untuk diketahui dan dimengerti oleh staf anda.

2. Komunikasikan secara jelas dan positif
Katakan persis apa yang anda maksud. Hindari jargon. Pastikan bahwa penjelasan dan instruksi sudah jelas. Bersikap positif, percaya diri dan bersemangat. Jangan takut untuk menyatakan emosi dan drama. Ciptakan gambaran yang kuat. Gunakan bahasa yang dipakai oleh staf anda. Berikan sedikit gairah pada orang lain. Pakai humor dan bahasa yang hidup.

3. Hadapi isu yang pelik
Beberapa hal yang berkaitan dengan kinerja pribadi atau perilaku mungkin sulit untuk diutarakan kepada orang lain. Kebanyakan manajer merasa bahwa ini saat yang sulit, terutama jika menyangkut orang yang mereka sukai atau orang yang mungkin menakutkan. Anda akan berkembang sebagai manajer dengan menghadapi masalah sulit ini dan menanganinya secara berani dan efektif.

4. Bersikaplah manusiawi
Bersikaplah baik hati dan penuh perhatian. Ingat bahwa tak seorangpun sempurna.

5. Usahakan kompak dengan staf
Bekerja keras untuk memadukan tujuan staf dengan tujuan organisasi. Pastikan bahwa mereka mengerti apa yang anda ingin capai dan bahwa mereka mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk membantu berlangsungnya proses ini. Jujurlah dan bicara dengan kata-kata yang dimengerti oleh staf. Bicaralah dengan orang seakan mereka itu teman dan bukan pelayan.

6. Jaga hubungan dekat
Sering berbicara kepada staf, pelanggan, dan pemasok dan sering dengarkan mereka. Sampaikan pesan anda secara ringkas. Berfokuslah pada apa yang penting bagi orang-orang ini. Jawablah kritik dengan segera dan positif.

Demikian 6 langkah bagaimana seorang manajer radio berkomunikasi secara efektif. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>