Bagaimana Cara Seorang Manajer Radio Berkomunikasi dengan Staff

komunikasi dengan staff

Staff adalah bagian dari tim yang tentunya selalu bekerja sama dengan Manajer. Kepada para staff lah seorang manajer mendelegasikan tugas-tugas sesuai dengan bidangnya. Untuk itu demi kelancaran seluruh pekerjaan, seorang manajer yang baik harus bisa menjalin komunikasi dengan seluruh staff yang ada. Baik dalam mendelegasikan tugas, memantau dan mengevaluasi hasil dari pekerjaan dari para staff. Berikut ini 10 tips yang bisa dilakukan oleh para manajer agar bisa berkomunikasi dengan baik dengan para staff yang ada.

1. Adakan rapat staf secara tetap
Rapat singkat staf secara teratur (mungkin 15-30 menit) sekali seminggu adalah cara yang efektif untuk membuat orang mengetahui persoalan.

2. Adakan rapat supervisor
Selenggarakan rapat mingguan untuk supervisor yang tidak melebihi setengah jam. Setiap supervisor melaporkan mengenai peristiwa minggu lalu dan rencana mendatang. Informasi dari rapat diteruskan kepada staf oleh supervisor.

3. Menulis surat singkat
Sepucuk surat singkat atau memo adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan seorang staf atau lebih terutama jika informasi itu perlu dalam bentuk permanen. Memo harus singkat dan langsung ke masalahnya. Satu halaman biasanya cukup. Surat ini bukan pengganti percakapan singkat melalui telpon atau kunjungan pribadi yang singkat .

4. Berbicara melalui telpon
Berbicara melalui telpon atau interkom seringkali merupakan cara terbaik untuk menyampaikan pesan sederhana, pesan mendesak atau instruksi. Ini juga cara yang baik hanya untuk mengadakan kontak dengan orang.

5. Membuat kunjungan pribadi
Tidak ada yang lebih baik daripada berbicara bertatap muka. Ini memungkinkan komunikasi yang lancar —diskusi, dialog dan bahkan argumen— dalam konteks dimana orang saling berdekatan dan semua bentuk lain komunikasi (bahasa tubuh, kontak mata, isyarat tangan) ikut bermain.

6. Memakai papan pengumuman
Papan pengumuman yang dipasang di tempat yang menarik perhatian di kantor merupakan alat yang berguna. Papan pengumuman sangat impersonal dan berkomunikasi secara pasif, bukan aktif. Papan ini harus memuat berita yang mutakhir dan sebaiknya ditinjau setiap hari. Tunjuklah seorang staf sebagai “editor” papan pengumuman untuk memasang pengumuman baru, melepaskan pengumuman lama ; memastikan pengumuman dapat dibaca dan menata letaknya sehingga tampak menarik. Jika langkah-langkah ini dilakukan, papan pengumuman akan menjadi alat yang berguna dan bukan koleksi guntingan kertas yang tidak rapi pada tembok.

7. Memulai kotak saran
Kotak saran dipakai untuk mendorong staf agar memberi ideide perbaikan kepada manajemen. Adalah penting bahwa saran-saran ditanggapi dengan cepat. Penting pula bahwa saran-saran dipertimbangkan secara serius dan ditindak lanjuti jika sarannya baik. Sistem kotak saran yang tidak memperhatikan aturan ini tidak akan berjalan.

8. Berkeliling kantor
Manajer seharusnya berjalan keliling kantor paling sedikit sehari sekali dan berbicara sebentar dengan staf. Ini membuat manajer tetap berhubungan, meningkatkan moril, dan memudahkan komunikasi di tempat. Memperkenalkan kebijakan ‘pintu terbuka’ Kecuali jika tidak ingin diganggu, manaje sebaiknya membiarkan pintu kantornya terbuka dan mendorong staf untuk masuk ketika ada masalah penting yang akan dibahas. Kebijakan ini akan dihargai oleh staf dan efektif sebagai sarana komunikasi yang baik dan terbuka.

9. Memulai edaran staf
Pada stasiun radio yang besar, surat edaran yang tetap mengenai peristiwa, rencana dan prestasi adalah alat yang berguna. Edaran ini harus dijalankan oleh anggota staf, mungkin atas dasar roster. Selain berita, edaran dapat menyajikan kontribusi dari staf berita, artikel, cerita, gambar, puisi. Edaran ini tidak harus diproduksi secara profesional. Anda dapat mengirimkannya kepada para pengiklan dan orang lain yang berhubungan dengan stasiun agar dapat mengikuti apa yang terjadi.

10. Mengadakan rapat tim
Pada organisasi penyiaran radio yang besar, pertemuan tetap para pegawai dalam kelompok kerja membantu orang untuk mengikuti apa yang terjadi. Briefing tim biasanya mulai pada puncak organisasi dengan setiap manajer dan supervisor meneruskan informasi ke masing-masing timnya. Briefing perlu didukung oleh informasi tertulis untuk memastikan bahwa pesan diteruskan dengan akurat. Staf harus diberi kesempatan untuk menanggapi dengan informasinya sendiri, komentar dan pertanyaan dan ini dikembalikan ke manajemen melalui proses umpan balik (sebaiknya tertulis). Umpan balik ini kemudian memerlukan tanggapan , maka
terjadilah proses komunikasi tiga arah.

Demikianlah 10 tips yang bisa dilakukan oleh seorang manajer agar bisa berkomunikasi dengan baik dengan seluruh staff di stasiun radio anda.Semoga bermanfaat.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>