Bagaimana agar Staf Tetap Termotivasi

motivasi karyawan

Halo sahabat MR, tentunya sebagai seorang Manajer kita ingin agar para staff terus termotivasi dalam bekerja. Agar mereka bisa bekerja dengan semangat dan optimal sehingga mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal. Nah, kita bisa mencoba beberapa hal berikut agar para staff tetap dan terus termotivasi:

1. Libatkan orang-orang di dalam tim
Keterlibatan pribadi penting untuk harga diri masing-masing anggota staf. Orang perlu merasa bahwa mereka adalah bagian berharga dari tim yang sukses.

2. Tantang orang untuk bekerja baik
Tidak peduli dimana tempatnya di dalam organisasi, seseorang harus merasa bahwa tugasnya menantang dan merupakan tanggung jawab. Staf senang diberi pekerjaan yang dianggap
penting. Tekankan pada setiap anggota staf anda betapa penting pekerjaan mereka bagi sukses organisasi. Semua orang lebih termotivasi bila merasa bahwa mereka menyumbang terhadap sesuatu yang penting.

3. Berikan pengakuan
Orang perlu diberi pengakuan atas prestasinya. Bila mereka bekerja dengan baik, mereka ingin mendengar bahwa upayanya dihargai. Pujilah staf atas hasil kerja yang baik segera setelah anda memperhatikannya. Ini akan memotivasi orang untuk memberi lebih baik lagi.

4. Berdayakan orang
Kita semua perlu mengendalikan sesuatu dan staf harus memegang kendali terhadap tugasnya sendiri. Pastikan bahwa para pegawai mengerti benar tugas dan tanggung jawabnya. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa orang merasa berdaya jika mereka tidak tahu apa yang seharusnya mereka lakukan.

5. Kembangkan orang
Orang ingin merasa bahwa mereka mengembangkan pengalaman dan ketrampilannya. Staf akan menghargai perhatian manajer terhadap kemajuan dan pengembangan kariernya. Bicarakan dengan anggota mengenai aspirasi mereka dan rencana anda untuk perkembangan mereka di dalam organisasi dan untuk pelatihan lebih lanjut. Ini akan membantu memotivasi mereka.

Demikian, 5 hal yang bisa dilakukan oleh seorang manajer agar para staff tetap termotivasi dalam bekerja. Semoga bermanfaat

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>