Bagaimana agar Manajer Radio Tetap Termotivasi dalam Pekerjaaannya

motivasi manajer

Halo sahabat MR, seorang Manajer Radio selain harus menjadi seorang motivator bagi semua tim di bawahnya. Jangan lupa juga agar dia terus memotivasi dirinya sendiri agar terus bersemangat dalam berbagai pekerjaanya. Nah dalam postingan kali ini, kita akan mengetahui 9 langkah agar seorang Manajer Radio tetap termotivasi dalam pekerjaanya:

1. Bersikap positif
Peliharalah pandangan yang positif terhadap kehidupan. Anda harus percaya bahwa anda dapat melakukan banyak hal dan memecahkan masalah. Jangan biarkan pikiran negatif berada dalam benak anda. Anda mungkin ingin menggunakan kata-kata positif setiap pagi. Misalnya : “Setiap hari, dari sudut pandang apa pun, saya makin lama makin baik”.

2. Tetapkan standar yang tinggi
Jangan mau menerima terbaik kedua dari diri anda dan orang lain. Selalu lakukan yang terbaik dan dorong kinerja puncak dari staf. Ingat bahwa hampir cukup itu belum cukup baik. Anda ingin orang melakukan sesuatu dengan benar pertama kalinya. Dan selalu melakukannya dengan benar.

3. Tetapkan tujuan
Tentukan tujuan yang realistik dan bekerja keras untuk mencapainya. Buat daftar tertulis dari tujuan-tujuan anda. Lihatlah daftar ini setiap hari dan coret setiap tujuan dari daftar begitu tercapai. Tambahkan tujuan baru. Ini akan membuat anda bergerak ke arah yang benar.

4. Rencanakan kehidupan kerja anda
Bawalah buku tulis kecil yang berisi daftar hal-hal yang harus dilakukan setiap hari. Lihat daftar itu setiap malam dan pindahkan tugas yang belum dikerjakan ke daftar hari berikut.

5. Perbaiki kelemahan anda
Ini adalah tip yang bagus. Tuliskan apa yang menurut anda adalah kekuatan dan kelemahan anda. Jujurlah – tidak ada orang lain yang akan melihat daftar itu. Pikirkan mengenai apa yang tertulis, kemudian lihatlah daftar itu beberapa hari sekali. Cobalah mengatasi kelemahan anda dengan menghilangkannya. Coba jadikan kelemahan itu menjadi kekuatan.

6. Tetap menjaga kedekatan dengan stasiun radio anda
Dengarkan stasiun radio anda dan doronglah semua staf anda untuk mendengarkannya pula. Jika anda menjual produk seperti T-shirt, pakailah dengan bangga. Gunakan produk dan jasa dari para pengiklan di stasiun. Berbicaralah kepada orang lain mengenai stasiun anda. Dalam melakukan segala sesuatu, carilah peningkatan yang dapat dilakukan.

7. Bersikap kompetitif
Jika ada stasiun radio lain di daerah anda, dengarkan stasiun itu. Jika mereka melakukan sesuatu yang benar-benar baik yang sesuai untuk stasiun anda, tirulah. Bukan sesuatu yang salah untuk meniru stasiun lain, asalkan anda melakukannya jauh lebih baik.

8. Mengikuti perkembangan
Ketahui apa yang terjadi. Ketahui apa yang terjadi di kota anda, di daerah anda, di negara anda dan dalam industri anda. Bacalah surat kabar, majalah dan buku. Berbicaralah dengan orang-orang yang mengetahui.

9. Memelihara minat luar
Kadang-kadang anda harus istirahat dari kerja untuk menyegarkan diri. Kembangkan minat luar yang membuat anda bersantai dan bergaul dengan orang luar selain dari yang dijumpai setiap hari. Seorang arif pernah berkata bahwa “perubahan sama baiknya seperti liburan”.

Demikian 9 langkah agar seorang Manajer Radio tetap termotivasi dalam pekerjaannya. Semoga bermanfaat.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>