Apa yang Dicari Staf pada Seorang Manajer

manajer dan staff nya

Halo Sahabat MR, ketika kita menjadi seorang manajer, berarti kita siap untuk menjadi sorotan. Terutama oleh para bawahan, staff atau anggota tim. Nah, tentunya kita harus menjadi figur yang baik yang menjadi panutan bagi orang-orang yang kita pimpin. Lalu, apa sih yang sebenarnya dicari oleh para staff dari seorang manajer yang menjadi pimpinan dalam tugas sehari-harinya. Yuk kita simak berikut ini:

1. Sikap adil
Staf mengharapkan seorang manajer yang adil, yaitu yang memperlakukan semua staf dengan cara yang sama, dan tidak menghargai beberapa orang lebih daripada yang lainnya. Memberi kepercayaan dan mudah ditemui. Orang-orang ingin dapat mengandalkan manajernya dan mempercayainya Mereka mengharapkan seorang manajer yang dapat dipegang kata-katanya. Mereka ingin manajer yang mudah ditemui dan menjaga hubungan. Anda seharusnya mempunyai kebijakan ‘pintu terbuka’ sehingga staf dapat membahas masalah kerja dengan anda atau hanya singgah untuk mengatakan ‘halo’.

2. Jaga hubungan dengan staf.
Berkelilinglah stasiun radio atau unit itu setiap hari. Dalam organisasi yang lebih besar, buat jadwal sedemikian rupa sehingga anda dapat berkeliling seluruh kantor setiap bulan.

3. Memberi pengakuan
Staf menyukai manajer yang memperhatikan mereka. Staf ingin dihargai dan dipuji jika melakukan tugas dengan baik. Mereka ingin manajer yang akan memberikan penghargaan melalui
suatu cara.

4. Berkomunikasi
Staf menyukai manajer yang berbicara dengan mereka. Mereka senang diberitahu rencana dan perkembangan baru. Mereka ingin manajer yang akan mendengarkan selain memberitahu. Mereka ingin mengetahui apa yang sedang terjadi – dan apa yang akan terjadi.

5. Bersikap konsisten
Staf ingin seorang manajer yang berlaku konsisten, bukan yang berubah pikiran dan tak dapat diduga. Mereka ingin manajer yang memegang janji dan tidak ‘berubah mengikuti angin’. Jika anda mempunyai pendekatan konsisten terhadap manajemen, akan tampak bahwa supervisor dan staf bekerja dengan lebih pasti dan percaya. Staf juga menyukai manajer yang mengambil keputusan dengan cepat dan tidak berubah pikiran terus.

6. Bekerja keras
Staf mengharapkan manajer yang bekerja keras. Kemalasan, ketidakefisienan, keterlambatan atau absen untuk jangka waktu lama dari kantor atau stasiun radio akan menimbulkan keresahan staf.

7. Memberi visi
Staf ingin seseorang yang memberi visi masa depan. Mereka ingin manajer yang membuat masa depan lebih pasti.

Demikianlah artikel mengenai apa saja yang dicari oleh para staff dari seorang manajer. Tentunya semoga kita bisa menjadi manajer yang baik dan menjadi harapan bagi seluruh staff aamiin.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>