9 Hal yang harus dilakukan agar menjadi Manajer yang berhasil

manajer yang berhasil

Halo sahabat MR, ketika kita diamanahkan untuk menjadi seorang pemimpin. Sebagai contoh sebagai Manajer Radio, tentunya kita harus berusaha untuk bisa menjadi seorang manajer yang baik. Untuk bisa menjadi seorang manajer yang baik, tentunya kita harus terus belajar, berlatih dan melakukan semua hal positif agar kepemimpinan yang kita jalankan berjalan dengan baik dan tentunya akan terus menginspirasi orang-orang yang kita pimpin.

Yuk lakukan hal-hal berikut agar menjadi seorang manajer yang berhasil.

1. Ambil pendekatan positif
Sikap anda banyak berpengaruh terhadap moril staf anda. Jika anda bersikap riang dan positif, ini akan mempengaruhi orang-orang di sekitar anda. Anda harus mencegah perkataan dan perilaku negatif. Doronglah orang yang mempunyai masalah pekerjaan untuk berusaha memecahkannya; dan bukan terus mengeluhkannya.

2. Kembangkan kemampuan untuk merencana
Pikirkan mengenai apa yang ingin anda capai —dan bagaimana mencapai hal itu. Ini adalah inti dari perencanaan; bagaimana mencapai apa yang ingin anda capai. Bicarakan  aspirasi anda untuk stasiun radio bersama staf dan libatkan mereka dalam perencanaan.

3. Rancang sistem yang baik
Kembangkan pendekatan langkah demi langkah terhadap proyek dan pemecahan masalah. Aturlah setiap hari di kantor sebagaimana anda mengatur jadwal program.

4. Ambillah keputusan
Manajer yang baik mengambil keputusan. Mereka mempertimbangkan semua fakta dan membuat keputusan sesegera mungkin. Mereka tidak menunda mengambil keputusan yang sulit. Orang yang tidak membuat keputusan, atau menunda mengambil keputusan untuk waktu yang lama, tidak dihargai oleh stafnya. Dan mereka tidak berhasil menjadi manajer yang efektif.

5. Perlakukan staf dengan adil
Jangan meng-anak emaskan siapapun. Seorang manajer yang baik dipandang sebagai orang yang konsisten dan adil oleh seluruh staf.


6. Beri contoh yang baik
Perilaku anda akan mengarahkan staf anda dan dapat membangkitkan semangat mereka. Staf anda cenderung bertindak seperti anda. Jadi anda perlu memimpin melalui contoh. Selalu siaplah untuk melakukan tugas yang anda berikan kepada orang lain. Bukan melakukan tugas itu untuk mereka atau sebaik yang mereka lakukan, tetapi untuk menunjukkan bahwa anda dapat melakukannya.

7. Tunjukkan bahwa anda kuat
Seorang pemimpin yang baik harus menunjukkan kekuatan (meskipun di saat itu anda tidak merasa kuat). Lakukan apa yang anda janjikan. Jangan sekali-kali menerima yang kedua
terbaik. Bila perlu, tegurlah staf atas perilaku buruk atau kinerja buruk. Jangan takut untuk membuat keputusan yang sulit – dan jangan takut untuk berubah pikiran jika anda memang salah.

8. Hargailah staf anda
Hargailah staf anda, urusi mereka dan perlakukan mereka dengan respek dan kehangatan. Doronglah mereka untuk bekerja lebih baik dan memajukan karier mereka. Akuilah kinerja yang baik. Beri pujian bila staf melakukan tugas dengan baik.

9. Pantang mundur
Jangan cepat menyerah. Bila anda memulai sesuatu, selesaikanlah. Terapkan “kata-kata anda adalah janji anda”; bila anda mengatakan akan melakukan sesuatu, lakukanlah.

Demikian beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang manajer agar mereka berhasil dalam kepemimpinannya. Semoga bermanfaat.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>