8 Cara Bagaimana menjadi seorang manajer radio yang efisien

manajer yang efisien

Halo sobat MR.com yang keren, tentu menjadi seorang manajer bukan sekedar jabatan untuk menjadi keren saja. Tapi di balik jabatan yang diamanahkan, ada tanggung jawab besar yang harus kita jalankan. Salah satunya adalah bagaimana menjadi seorang manajer yang efisien yang sukses dalam mengelola waktunya sehingga akan membawa kesuksesan bagi stasiun radio itu sendiri. Nah, dalam postingan ini kita akan mengetahui 8 cara bagaimana menjadi seorang manajer radio yang efisien:

1. Kedepankan proyek-proyek yang penting

Pekerjaan yang kritis tidak akan menghilang jika anda menundanya atau mengabaikannya. Bahkan ini akan menimbulkan masalah yang lebih besar bagi anda. Bila anda mendapatkan diri anda dalam situasi dimana terlalu banyak tugas yang harus dilakukan, anda perlu mendelegasikan tugas yang kurang penting kepada staf. Serta mengedepankan tugas yang penting dan melakukannya.

2. Pastikan bahwa anda mempunyai waktu senggang

Manajer yang efektif mempertahankan laju yang sibuk ketika mereka bekerja dan mereka sangat produktif. Namun mereka juga menyediakan waktu secara teratur untuk duduk diam dan menikmati waktu senggang. Jika anda mendapatkan bahwa anda tidak sempat melakukannya, ini merupakan petunjuk untuk mendelegasikan sebagian tugas anda kepada orang lain.

3. Usahakan agar tidak membawa pekerjaan pulang secara teratur

Semua pekerjaan mempunyai masa puncak dimana tugas tambahan harus dibawa pulang. Jika anda mendapatkan diri anda membawa pulang pekerjaan secara teratur, anda perlu mempertanyakan keefektifan kemampuan pendelegasian anda. Usahakan agar pendelegasian dapat berhasil anda lakukan dengan membagi beban kerja.

4. Berfokuslah pada kinerja anda sendiri

Beberapa manajer tidak mendelegasi pekerjaan karena mereka percaya bahwa orang lain tidak mampu melakukan suatu tugas dengan efektif. Ini mungkin benar tetapi sering dipakai
sebagai alasan untuk tidak mendelegasi. Doronglah partisipasi semua anggota staf anda dengan membuat pendelegasian berhasil dengan baik.

5. Dorong pengembangan staf

Staf anda mungkin enggan mengambil tugas dimana mereka merasa kurang menguasai tugas tersebut. Bila staf tidak mengambil tanggung jawab pribadi untuk mengembangkan ketrampilan tersebut, anda harus mengkoordinir program untuk mereka.

6. Bekerjasama dengan staf

Kerjasama adalah kunci bagi organisasi yang efektif. Bila kerjasama ini ada, staf akan berpartisipasi dengan penuh semangat. Doronglah kerjasama dan anda akan mendapatkan bahwa staf lebih semangat untuk mengambil tanggung jawab.

7. Terimalah cara lain untuk melakukan hal-hal

Biasanya tidak ada cara terbaik untuk melakukan suatu tugas. Ketika anda meminta orang lain untuk melakukan sesuatu, lebih tekankan pada hasilnya daripada prosesnya. Katakanlah bagaimana melakukannya hanya jika ditanya atau anda percaya bahwa pegawai itu kurang terarah.

8. Bagi-bagi ide anda

Anda telah menghabiskan waktu yang banyak untuk mengumpulkan pengalaman dan ini merupakan salah satu sumber daya anda yang paling berharga. Jangan biarkan semua pengetahuan dan kearifan anda tetap tersembunyi dari orang lain. Tunjukkan kepada orang lain bahwa anda siap untuk membagi ketrampilan anda bila diperlukan.

Demikian 8 cara bagaimana menjadi seorang manajer yang efisien. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>