6 Tips agar Staff Anda Senang dalam Bekerja

karyawan yang senang

Halo sahabat MR, tentunya akan sangat menyenangkan jika para staff bekerja dengan baik dan penuh semangat. Mereka terlihat enjoy dalam bekerja dan memiliki dedikasi yang tinggi. Tentunya sebagai manajer, Anda harus bisa memposisikan diri menjadi manajer yang baik dan tidak lupa untuk terus mengarahkan mereka. Nah, berikut ini kita akan mengetahui 6 tips bagaimana agar para staff senang dan terlihat bahagia dalam bekerja.

1. Berikan cukup kesibukan
Orang perlu merasa terlibat secara pribadi di dalam pekerjaan. Staf yang baik —dan itu berarti kebanyakan staf— lebih senang jika sibuk. Sibuk biasanya berarti bahagia. Orang menjadi bosan, tidak bahagia dan kurang semangat bila tidak cukup yang dikerjakannya. Motivasikan staf anda dengan memastikan bahwa mereka mempunyai cukup pekerjaan untuk membuatnya sibuk setiap saat.

2. Beri tanggung jawab
Orang senang melakukan pekerjaan yang penting. Ingatkan dan jelaskan kepada staf anda, secara kolektif dan perorangan, bahwa apa yang mereka lakukan itu penting bagi organisasi dan jelaskan kepada mereka tempat tugas mereka di dalam organisasi dan bagaimana keadaan akan menjadi lebih buruk tanpa tugas itu. Orang akan senang mengetahui bahwa mereka menyumbang sesuatu yang berharga. Staf operasional (penyiar radio dan reporter) tahu bahwa mereka mempunyai tugas yang penuh tanggung jawab. Tetapi, sebagai seorang manajer, anda harus dapat meyakinkan staf pendukung bahwa merekapun penting bagi stasiun.

3. Tunjukkan bahwa anda menghargainya
Bila orang bekerja dengan baik, mereka senang diberitahu bahwa upayanya diperhatikan dan dihargai. Beri pujian kepada staf atas pekerjaan yang baik kapan pun anda melihatnya. Ini akan membuat mereka senang dan memacu mereka untuk bekerja lebih baik lagi. Bila terdapat banyak pujian untuk program stasiun radio anda, teruskan pujian itu ke staf. Bila ditulis surat yang memuji sesuatu yang dilakukan oleh stasiun, tunjukkan kepada staf atau pasang salinannya pada papan pengumuman.

4. Bantu mengembangkan karier
Staf akan menghargai perhatian manajer dalam kemajuan dan karier mereka. Berbicaralah kepada mereka mengenai aspirasinya dan rencana anda sendiri untuk kariernya dan pelatihan lebih lanjut.

5. Tunjukkan perhatian pribadi anda
Pendekatan manusiawi sangat besar artinya bagi staf. Tanyakan mengenai keluarga mereka atau hal lain seperti sport atau hobinya.

6. Pastikan bahwa staf mengetahui tugasnya
Staf perlu mengetahui apa yang harus mereka lakukan. Mereka perlu tahu tugas spesifiknya dan tanggung jawabnya. Terutama dalam organisasi besar, mereka juga perlu mengetahui fungsi departemen atau unit mereka. Jangan menganggap bahwa staf —dan terutama staf pendukung— mengetahui hal-hal ini.

Demikianlah, 6 tips agar para staff terlihat senang dalam bekerja. Tentunya kita tidak bisa bekerja sendiri. Kesuksesan para staff juga merupakan kesuksesan Anda sebagai seorang manajer. Semoga bermanfaat.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>