3 Cara Bagaimana Seorang Manajer Memberikan Perintah

memberikan perintah dengan baik

Seorang Manajer memiliki tugas untuk mengatur dan mendelegasikan tugas kepada para bawahannya. Dengan begitu, maka seluruh pekerjaan yang ada akan bisa diselesaikan dengan baik jika seorang manajer bisa mengelola waktu para bawahannya dengan optimal yaitu dengan membagi tugas yang ada kepada seluruh bawahannya sesuai dengan bidang yang dikuasai oleh para anggota tim dibawahnya.

Nah, dalam mendelegasikan tugas atau memberikan perintah kepada bawahannya ini tentu kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tugas yang kita berikan bisa dijalankan dengan baik dan juga mendapatkan hasil yang maksimal. Yuk simak penjelasannya:

1. Bersikap tegas tetapi sopan
Instruksi anda perlu tegas dan jelas sehingga dapat dimengerti. Tidak perlu berteriak kepada staf atau menakut-nakuti mereka. Dengan cara ini anda akan mendapat respek dan perintah anda diikuti dengan senang hati dan dengan seksama.

2. Beri petunjuk yang jelas
Berikan instruksi anda secara tegas dan jelas. Jangan secara samar-samar atau ragu-ragu. Tunggu pertanyaan agar staf dapat memperjelasnya. Ulangi instruksi jika perlu. Tuliskan jika ada kemungkinan salah tafsir. Beritahu staf bahwa mereka dapat mengklarifikasi kepada anda kapan saja.

3. Beri batas waktu
Selalu tetapkan batas waktu. Jika tugas itu harus segera dilakukan, jelaskan hal itu : “Dapatkah anda melakukannya sekarang ?” Meskipun tugas itu berjangka panjang, anda perlu memberikan batas waktu yang pasti : “Tolong diselesaikan sebelum akhir minggu kedua bulan Agustus

Demikian 3 langkah yang bisa dijalankan oleh seorang manajer dalam memberikan perintah kepada bawahannya agar bisa diterima dengan baik. Semoga bermanfaat.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>