Tanggung Jawab Seorang Manager Station Radio Dakwah Islam

mixer

Dalam sebuah ruang lingkup stasiun radio professional,  jabatan Manager Station atau biasa disebut dengan Kepala Stasiun memang memiliki peran yang sangat penting. Walau beberapa diantara stasiun radio ada juga yang tidak menyertakan secara langsung jabatan Manager Station, dan hanya menyebutkan jabatan Manager saja, Pimpinan Radio atau hanya jabatan Direktur yang di dalam kesehariannya juga sebenarnya sudah secara langsung mengemban tugas-tugas Manager Station.

Jika kita mengamati perkembangan radio yang memiliki format dakwah Islam saat ini, Alhamdulillah sudah semakin menjamur radio-radio yang konsen dalam menyajikan konten siaran dakwah Islam. Walaupun sebagian besarnya adalah radio-radio yang masih dalam tahap perizinan radio komunitas atau masih sedang tahap penyusunan perizinan secara resmi, namun tentunya dari sisi struktur organisasi stasiun radio dakwah Islam ini seharusnya sudah semakin professioanal dalam pengelolaan manajemennya.

Salah satu jabatan opsional yang penting yang seharusnya ada dalam sebuah stasiun radio dakwah adalah adanya seorang Manajer Stasiun. Memang seperti yang sudah dikatakan di awal, jabatan ini terkadang terkesan opsional karena terkadang bisa saja owner radio menjadi pemegang seluruh kebijakan baik dari sisi manajemen ataupun dalam hal kepenyiaran. Namun tentunya seorang pendiri, pemilik, atau juga segala jenis jabatan tertinggi lainnya tidak mungkin akan senantiasa standby di dalam studio dan memperhatikan semua aktivitas kru dan siaran yang berjalan. Nah, disinilah pentingnya seorang Manajer Stasiun yang bisa mengatur, mengkondisikan dan menjaga kestabilan stasiun radio dari dalam. Adapun pimpinan tertinggi lainnya, baik itu General Manager atau juga Direktur bisa konsen untuk tugas-tugas yang sifatnya keluar dan mengurusi berbagai macam hal penting lainnya diluar masalah siaran dan koordinasi diantara kru.

Berikut ini adalah beberapa tanggung jawab seorang Manager Stasiun dalam sebuah Radio Dakwah Islam :

  1. Mengawasi output dari radio terutama menyangkut kepenyiaran, produksi dan murottaal AlQuran keseluruhan.
  2. Memberikan bimbingan kepada penyiar dan operator menyangkut format, misi dan visi radio.
  3. Mengawasi jalannya radio sehari-hari mulai dari pemberitaan, pembacaan Murottal, Kajian Ilmiyah dll.
  4. Bertanggungjawab terhadap kualitas, kuantitas dari Sumber daya Manusia.
  5. Merencanakan dan menyusun format siaran.
  6. Merencanakan dan menyusun kegiatan off air.
  7. Menerima tugas lain yang diberikan atasan yang menyangkut keradioan.

Demikianlah beberapa tanggung jawab Manager Station khususnya dalam sebuah Radio Dakwah Islam. Semoga bermanfaat ..

Courtesy Image http://www.webanywhere.co.uk/blog/wp-content/uploads/2011/10/Radio.jpg

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>