Strategi Marketing Untuk Keberlangsungan Bisnis Radio

marketing radio

Untuk stasiun radio komersial atau yang berada di jalur swasta (LPS atau Lembaga Penyiaran Swasta), keberhasilan dalam sisi marketing sangatlah menentukan. Itu karena jalur radio swasta memang diperuntukkan sebagai radio bisnis yang profitabel.

Namun, dengan melihat perkembangan bisnis radio akhir-akhir ini terutama di daerah, banyak data menunjukkan bahwasanya tidak sedikit stasiun radio yang pada akhirnya gulung tikar alias bangkrut dan ujung-ujungnya pemilik stasiun radio tersebut menjual stasiun radio mereka dengan jalan akuisisi saham.

Ya, seperti yang kita ketahui memang masih terjadi kontroversi dalam hal jual beli stasiun radio yang tentunya dalam hal jual beli frekuensi hal ini tidak diperbolehkan oleh pemerintah. Namun tentunya dari sisi pengalihan atau pemindahan saham hal ini memang diperbolehkan. Karena dengan pengalihan dan pemindahan saham, maka otomatis aset-aset perusahaan stasiun radio berikut frekuensi pun pada akhirnya berpindah tangan.

Nah, lalu kenapa koq banyak stasiun radio yang bangkrut yah? Ini tidak lain karena banyak stasiun radio yang tidak bisa mempertahankan keberlangsungan hidup mereka. Alias mereka sudah tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan operasional mereka.

Di stasiun radio yang saya kelola saja, hampir tiap bulan membutuhkan minimal 35 juta atau bahkan lebih sesuai dengan sedikit banyaknya kebutuhan yang diperlukan. Nah, jika dibandingkan dengan pemasukan iklan yang notabene merupakan pos pendapatan utama dari stasiun radio saat ini sudah sangat berkurang sehingga memang selalu membuat galau manajemen di setiap bulannya terutama pas mau gajian karyawan hehe. Ini tidak men-generalisir semua stasiun radio ya, karena masih banyak juga stasiun radio yang masih bisa survive dan berhasil dalam bisnis penyiaran radio ini.

Dalam postingan ini memang saya sedang menyoroti stasiun radio yang masih sulit berkembang dengan banyak hal penyebab. Bisa dari SDM, sepinya pengiklan, dan lain sebagainya. Kebutuhan untuk biaya listrik saja besar lho, apalagi ditambah gaji karyawan. Ownernya harus berpikir keras nih gimana caranya stasiun radionya tetep bisa survive walau kadang keadaan hampir tidak menentu.

Memang bagi sebagian pemilik stasiun radio yang sudah cape mencoba mempertahankan stasiun radionya tidak akan ragu untuk menjual/dengan kata lain memindahtangankan saham-sahamnya dengan cara akuisisi, tapi tentunya di satu sisi sayang banget dong, proses perizinan yang sudah sangat panjang ketika sudah mendapatkan izin penyelenggaraan penyiaran (IPP) eh malah mau dijual.

Salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah stasiun radio, adalah dari sisi marketingnya. Yups.. radio bukan hanya sekedar siaran lho! Ada banyak hal yang sebenarnya harus dipikirkan oleh seorang pengelola radio (Direktur/Manager), salah satunya kesehatan finansial radio, dengan kata lain bagaimana caranya agar stasiun radio bisa menutupi semua kebutuhan operasional yang dibutuhkan sehingga tetap bisa survive.

Jika misal untuk membayar biaya listrik aja susah, apalagi untuk menggaji karyawan? Duh galau banget pastinya.. makanya tak heran banyak stasiun radio yang bangkrut dan lebih memilih melelang aset-aset berikut frekuensi/perizinannya dengan jalan diakuisisi oleh perusahaan radio yang memang sudah besar dan biasanya untuk dibuat radio berjaringan atau untuk radio dengan misi tertentu misal untuk radio dakwah dsb.

Lalu bagaimana sih sebenarnya strategi marketing yang bisa dijalankan oleh sebuah stasiun radio kecil terutama yang berada di daerah yang mungkin pangsa pasarnya lebih rendah dibandingkan di kota-kota besar. Yuk kita simak penjelasannya.

  1. Buatlah program acara yang menarik dan perbagus kualitas siaran radio kita. Nah sebelum masuk ke pembahasan marketing, tentunya kita harus introspeksi diri sendiri dulu dong.. Apakah stasiun radio kita ini sudah cukup terkenal di masyarakat, memiliki jumlah pendengar yang banyak dan sudah memiliki program siaran unggulan yang bisa memikat hati para calon pengiklan. Kalau belum, maka langkah awal mari buat kualitas siaran kita semakin baik. Dengan kualitas siaran yang baik, insya Allah akan mengundang animo masyarakat untuk memasarkan produk/usaha mereka dengan cara memasang iklan di stasiun radio kita.
  2. Membuat surat penawaran ke berbagai perusahaan/tempat usaha agar mereka mau beriklan di radio kita. Tentunya ketika kita sudah memperhatikan poin yang pertama ini, insya Allah kita akan percaya diri untuk menawarkan radio kita kepada khalayak ramai. Dan bahkan ketika masyarakat banyak sudah percaya dengan kualitas kita. Mereka tidak akan ragu dan bahkan mereka yang akan meminta untuk beriklan di radio kita.
  3. Membuat promo on air yang menarik. Melalui adlibs secara soft selling atau melalui promo iklan secara terjadwal dengan penawaran yang menarik, insya allah akan menarik perhatian pendengar untuk mereka beriklan di radio kita.
  4. Selain melalui iklan secara on air. Pemasukan radio juga bisa melalui kegiatan off air atau juga jika kita sudah mempunya divisi IT, kita penetrasi juga di dunia marketing onlinenya. Di program offair, kita bisa bikin event menarik yang bisa menarik sponshor atau kita bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan. Untuk radio dakwah, kita bisa membuat program seminar, bedah buku, dll.
  5. Menjual produk yang masih berkenaan dengan program radio, misal bedah buku on air, kita bisa tawarkan ke penerbit atau kita jual langsung bukunya.
  6. Untuk sisi markting online, kita bisa memanfaatkan media sosial facebook, instagram, website dan lain-lain. Pendengar radio juga sekarang banyak yang beralih ke mendengarkan streaming, jadi jangan lupakan untuk juga membuat aplikasi berbasis android untuk radio kita.

Oalah, banyak juga.. sebenarnya masih banyak peluang untuk marketing radio. Sebuah stasiun radio membutuhkan seseorang marketing yang tangguh dan berdedikasi tinggi. Karena kalau tidak, radio akan colaps dengan sendirinya.. Kecuali masih ada dukungan dana melalui donasi atau bahkan kocek sang owner sendiri!

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

2 Responses to “Strategi Marketing Untuk Keberlangsungan Bisnis Radio”

  1. luar biasa, tadi saya baca kayaknya ada sedikit bahas radio dakwah ya… boleh mohon untuk bahas lebih banyak tentang manage radio dakwah ini.. terimakasih, salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>