Rekrutmen Crew Disaat Kondisi Keuangan Radio Tidak Stabil

rekrutmen

Sumber daya manusia yang mumpuni dan professional dalam perusahaan Radio merupakan salah satu kebutuhan yang cukup vital.

Karyawan radio atau yang biasa sering kita sebut crew/kru radio memiliki peran penting dan menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan perusahaan radio. Karena dari SDM yang berkualitas akan menjadikan perusahaan radio berkembang dan bahkan bisa melaju cepat di segala bidang.

Kebutuhan SDM di setiap perusahaan radio berbeda-beda. Ada yang hanya membutuhkan beberapa kru saja, radio tersebut sudah bisa berjalan walau mungkin apa adanya dan terkesan kerja keroyokan. Tapi bisa saja di perusahaan radio yang cukup bonafid dan memang memiliki tingkat kompleksitas pekerjaan yang cukup tinggi. Perusahaan tersebut sudah pasti membutuhkan banyak SDM yang mumpuni, apalagi di tengah persaingan bisnis radio yang sangat ketat akhir-akhir ini terutama di daerah.

Mari kita evaluasi terlebih dulu mengenai perkembangan perusahaan radio saat ini. Banyak perusahaan radio yang mengalami keterpurukan, stagnan, mati suri,  bahkan yang paling parah bisa jadi bangkrut dan akhirnya berujung akuisisi.

Nah, lalu bagaimana dengan kondisi perusahaan atau stasiun radio kita? Apakah bisa dikatakan berkembang dan maju? Atau stagnan saja dalam artian yang penting berjalan apa adanya, atau bahkan sudah berujung pada krisis dan kehancuran? hehe mudah-mudahan jangan begitu ya!

Memang miris jika melihat perkembangan bisnis radio di zaman sekarang. Bahkan ada stasiun radio yang hanya dihandel sama satu orang saja dalam artian hanya ownernya yang banting tulang menjaga radionya. Tapi walau begitu tentunya Radio sebagai salah satu media informasi dan hiburan saat ini harus tetap bisa bersaing dengan berbagai  perkembangan kecanggihan dunia teknologi saat ini terutama dengan internet dan ragam media sosial.

Lalu pertanyaanya, berapa orang crew atau SDM yang dibutuhkan dalam sebuah stasiun radio? Memang jika ditanyakan ke masing-masing stasiun radio pasti jawabannya akan berbeda. Ada yang butuh banyak kru tapi ada juga yang memiliki sedikit kru tapi sudah mencukupi untuk menghandel seluruh pekerjaan.

Lalu apakah diperlukan rekrutmen kru disaat keuangan perusahaan tidak stabil? Ini juga dilema sih.. terkadang perusahaan butuh ada tambahan kru tapi takut tidak bisa membayar gajinya hehe.

Disini, memang perlu kejelian dan ketelitian owner atau pimpinan perusahaan radio. Jika dirasa rekrutmen akan menjadikan kondisi keuangan perusahaan membaik, misal dengan mengangkat marketing atau staff IT yang handal maka itu bisa dipertimbangkan.

Tapi kalau dirasa, orang yang diangkat menjadi kru itu kemampuannya biasa-biasa aja, lebih baik tidak usah menambah kru baru dan lebih baik optimalkan karyawan yang ada. Karena sebenarnya di tengah kondisi keuangan radio yang tidak pasti seperti saat ini, seorang kru bisa saja dibebankan lebih dari satu pekerjaan. Bahkan seorang manager station saja bisa jadi penyiar. Atau yang lebih hebat, Direkturnya sekalian juga bisa jadi penyiar jika kepepet banget 😀

O yah, gambaran di atas hanya sekelumit kondisi saja.. tidak menutup kemungkinan masih ada.. jika tidak bisa dikatakan “banyak” stasiun radio yang masih bisa sukses dan eksis.

Maju terus pantang mundur ya bos!

(yanzrahman)

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>