Pentingnya Briefing Karyawan Di Pagi Hari

Cara Memimpin Briefing Karyawan Restoran

Memulai pekerjaan dengan semangat akan menjadikan kita menyukai  semua tantangan dalam bekerja. Tapi.. bagaimana caranya  menumbuhkan semangat kita dalam bekerja?

Dalam pekerjaan yang membutuhkan kerjasama tim, kekompakan dan  kebersamaan haruslah senantiasa dijaga. Ada satu kegiatan yang  jika hal tersebut dirutinkan maka akan bisa menumbuhkan semangat  dalam bekerja dan bahkan akan semakin mengokohkan kebersamaan dan memperkuat kekompakkan tim.

Jika kita memperhatikan kegiatan rutin harian di setiap pagi  harinya terutama di instansi pemerintah atau bahkan di perusahaan-perusahaan sebelum para karyawan dan pegawai bekerja, mereka biasa melakukan kegiatan apel pagi atau briefing pagi.  Biasanya seluruh karyawan dan pegawai akan berumpul dan berbaris  di depan halaman kantor dan mendengarkan terlebih dulu intruksi, himbauan, motivasi bahkan penyampaian informasi yang disampaikan oleh kepala kantor, manajer, atau bahkan pimpinan perusahaan.

Begitu juga di dalam sebuah stasiun radio, umumnya stasiun radio hanya memiliki beberapa karyawan saja walaupun untuk sebuah stasiun radio professional terkadang bisa memiliki puluhan karyawan tergantung kompleksitas pekerjaan dan sesuai kebutuhan manajemen.

Dalam rangka menumbuhkan semangat bekerja pada seluruh karyawan/kru dan juga untuk menjaga kekompakkan tim, kegiatan briefing pagi penting untuk dilakukan oleh setiap stasiun radio. Tentunya dalam hal teknis briefing tentu saja tidak harus secara resmi seperti yang dilakukan oleh para pegawai di instansi pemerintah yang mereka harus berdiri dan berbaris di halaman kantor sambil mendengarkan intruksi dari pimpinannya.

Karena ruang lingkup pekerjaan radio yang sangat fleksibel, dinamis dan sangat mementingkan kreatifitas dan inovatif. Tentunya suasana briefing bisa dibuat lebih santai, bisa sambil duduk di ruang khusus rapat, di ruang tamu, atau di dalam studio (jika tidak sedang siaran live on air).

Kegiatan briefing pagi dalam sebuah stasiun radio juga tidak bersifat satu arah misal hanya pimpinan yang berbicara dan para karyawan mendengarkan. Tapi di dalamnya bisa ada timbal balik, ada respon, tanggapan dan berbagai macam hal baik itu terkait informasi seputar radio atau masalah-masalah lainnya yang memang perlu diketahui oleh pimpinan dan para karyawan yang lainnya.

Memang briefing pagi bukan seperti rapat, atau brainstorming khusus membahas satu permasalahan. Tapi dari briefing pagi pimpinan akan mengetahui pekerjaan apa yang akan dilakukan oleh para karyawannya di hari tersebut dan berbagai macam laporan, tanggapan, respon dan informasi lain yang disharing secara bersama di setiap paginya.

Mungkin bisa saja sambil menikmati secangkir kopi, teh, atau juga bisa sambil sarapan ringan. Hal tersebut akan menambah semangat kerja karyawan dan kekompakkan tim pun akan senantiasa terjaga.

Mengagendakan waktu 10-15 menit setiap paginya akan memberikan dampak positif bagi 7-8 jam yang akan dilalui oleh para karyawan, dengan berkumpul dan menjalin komunikasi yang baik setiap harinya.

Selamat mencoba:)

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>