Membuat Surat PHK Untuk Karyawan Radio

phk karyawan mr

PHK atau pemutusan hubungan kerja merupakan sebuah situasi sulit baik untuk perusahaan terlebih lagi bagi karyawan. Berat bagi perusahaan, jika memang kondisi perusahaan sudah tidak memungkinkan untuk menjalankan kegiatan operasionalnya misalkan krisis finansial sehingga diprediksikan tidak bisa lagi menggaji karyawannya. Atau memang karena karyawan melakukan tindakan yang melanggar hukum dan tata tertib perusahaan sehinga merugikan perusahaan secara materi atau mencemarkan nama baik perusahaan sehingga terpaksa mengambil tindakan pemecatan atau PHK.

Untuk karyawan yang dihadapkan pada kondisi PHK, maka harus memahami jika memang perusahaan misal dalam kondisi pailit atau bangkrut. Sehingga harus mengeluarkan kebijakan pemecatan. Adapun mengenai hak karyawan yang harus dipenuhi perusahaan baik gaji, pesangon dan lain-lain maka silakan bisa mengkomunikasikan dengan pihak manajemen perusahaan. Adapun jika PHK dikarenakan ada sikap yang sekiranya melanggar hukum dan tata tertib perusahaan maka karyawan harus bersikap kooperatif dengan bersikap menerima kesalahan dan tidak menuntut perusahaan.

Bagi perusahaan radio dakwah sebenarnya juga merupakan hal yang di satu sisi wajar. Cuma kondisi PHK ini merupakan kondisi terakhir dimana sudah tidak bisa diselesaikan secara jalur kekeluargaan antara karyawan dan pihak manajemen radio.

Jika memang misalkan perusahaan ingin mengeluarkan surat PHK maka silakan bisa mencontoh narasinya seperti di bawah ini:

SURAT PEMBERHENTIAN HUBUNGAN KERJA

Nomor : ….

Kepada Yth,

Sdr. (Nama Karyawan)

Di Tempat

 

Perihal  : Surat Pemberhentian Hubungan Kerja Sementara

Bismillah,

Sehubungan dengan adanya program efisiensi keuangan radio yang saat ini sedang dalam kondisi krisis. Dan menimbang pula belum adanya perubahan dan peningkatan ilmu, ibadah dan Akhlaq pada diri Antum hingga saat ini sebagaimana yang telah diarahkan dan diberikan himbauan baik secara lisan atau tertulis oleh Direktur.

Maka, sehubungan dengan hal tersebut diatas, dengan ini RADIO … memutuskan untuk:

Memberhentikan Antum untuk sementara waktu terhitung mulai tanggal .. Bulan .. , Tahun .. sampai dengan waktu 3 bulan ke depan. (atau memberhentikan antum terhitung mulai tanggal .. Bulan .. , Tahun …

Atas nama manajemen RADIO … kami menyampaikan banyak terimakasih atas  kerjasama Antum selama ini, dan apabila dikemudian hari progres perusahaan semakin membaik dan Kami perhatikan telah adanya perubahan dan peningkatan ilmu, ibadah dan akhlaq pada diri Antum, maka kami akan menawarkan kesempatan untuk Antum kembali bergabung di RADIO ….

Kota…., …..

RADIO …

 

Direktur

 

Surat pemberhentian sementara ini telah dibaca, dimengerti dan diterima.

 

Karyawan

 

=====

SURAT PERNYATAAN

Nomor : 01/SP/III/2016

Sehubungan dengan Surat Pemutusan Hubungan Kerja dari RADIO KITA FM per tanggal .. bulan .. tahun .. , maka dengan ini saya :

Nama :

Dengan ini menerima dan menyetujui semua keputusan perusahaan dan untuk itu Saya menyatakan tidak akan menuntut hal apapun atas dasar dan dalih apapun di media manapun dikemudian hari terhadap RADIO .. setelah Surat Pernyataan ini saya tandatangani.

Dan Saya juga berjanji akan melaksanakan himbauan dan arahan Direktur untuk melakukan perubahan dan peningkatan dalam hal ibadah, ilmu dan akhlaq.

Surat Pernyataan ini dibuat dan ditandatangani di ..pada hari .. tanggal .. Bulan .. tahun …

 

Karyawan

=====

Demikian narasi surat PHK di radio dakwah , semoga bermanfaat

image by www.reclamador.es

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>