Pentingnya Pendaftaran OSS untuk Perusahaan Radio

oss

OSS  atau singkatan dari Online Single Submission merupakan Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. OSS Republik Indonesia adalah Aplikasi yang memberikan Kemudahan berinvestasi melalui penerapan sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik.

Saat ini OSS di Indonesia masih dalam tahap sosialisasi untuk semua badan usaha/lembaga yang memiliki payung hukum. Ke depan diharapkan seluruh badan usaha/lembaga dalam mengurus seluruh perizinan bisa melalui satu pintu dan terintergrasi secara menyeluruh, saling berkaitan dan akan lebih memudahkan seluruh badan usaha/lembaga yang ingin mengurus seluruh bentuk perizinan yang dibutuhkan.

Kehadiran OSS di Indonesia sebenarnya merupakan sebuah angin segar dan bentuk inovasi yang patut diapresiasi dalam meningkatkan pelananan pemerintah terhadap semua bentuk perizinan yang dibutuhkan oleh setiap badan usaha di Indonesia.

Dikutip melalui laman resmi Kominfo RI. Bahwasanya penerapan OSS atau Sistem Online Single Submission telah diresmikan pada hari Senin (9/7/2018) oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution bersama dengan para menteri dan kepala lembaga. Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE), yang lebih mudah disebut dengan nama generik OSS ini hadir dalam rangka pelayanan perizinan berusaha yang berlaku di semua Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, yang selama ini dilakukan melalui Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Selain melalui PTSP, masyarakat dapat mengakses Sistem OSS secara daring di mana pun dan kapan pun.

“OSS yang pelaksanaannya diatur dalam PP Nomor 24 Tahun 2018, merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian,” kata Darmin Nasution. Dengan sistem OSS, imbuh Darmin, “Izin berusaha akan didapat oleh pelaku usaha dalam waktu kurang dari satu jam.”

Lalu, seberapa pentingkah pendaftaran OSS untuk perusahaan Radio di Indonesia? Seperti kita ketahui, stasiun radio swasta di Indonesia pada umumnya termasuk ke dalam perusahaan swasta yang tentunya membutuhkan berbagai macam jenis perizinan umum perusahaan. Seperti SIUP, TDP dll. Adapun yang membedakan dari perusahaan lainnya adalah dari jenis usahanya yaitu di bidang penyiaran swasta. Untuk itu perusahaan radio swasta ini memerlukan perizinan terkait penyiaran atau biasa disebut IPP (Izin Penyelenggaraan Penyiaran) yang dikeluarkan oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) dan juga Izin Stasiun Radio atau ISR adalah perizinan yang dikeluarkan oleh Direktorat Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika. 

Nah, tentunya dengan segala kemudahan dalam perizinan yang ditawarkan pemerintah saat ini seyogyanya harus disambut dengan antusias oleh para pemilik perusahaan radio swasta di Indonesia. Aslinya tidak rumit, asal semua persyaratannya terpenuhi, semua tahapan dalam perizinan akan dilalui dengan mudah. Output berupa perilisan NIB atau Nomor Induk Berusaha  yang merupakan identitas berusaha dan digunakan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha dan izin komersial atau operasional.

Nah, dengan adanya NIB ini tentu akan semakin memudahkan para pengusaha dalam mendapatkan perizinan usaha. Pasalnya, pengusaha kini tak perlu lagi repot mengurus segala surat izin usaha, seperti SIUP, IUI, TDP, dan masih banyak lagi. Belum lagi dengan prosedurnya yang terbilang memakan waktu. Atau sederhananya, NIB adalah pengganti surat izin terdahulu yang diwajibkan pemerintah untuk dimiliki oleh para pengusaha.

Untuk itu, mari lengkapi semua bentuk perizinan perusahaan radio dengan mendaftarkan perusahaan Anda melalui oss. Silakan Anda bisa langsung mendaftar di link resmi oss.go.id.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar: https://www.klikdirektori.com/oss/

Sumber tulisan: Kominfo RI Official, Wikipedia

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>