Mengenal Jobdesc Staff Produksi Konten pada Radio Dakwah

jobdesc staff produksi radio

Dalam radio dakwah, seperti yang telah dibahas pada postingan tentang jobdesc staff produksi radio dakwah, bahwasanya pada dasarnya dalam produksi radio dakwah hampir sama teknisnya dengan produksi radio umum, cuma dari sisi output audionya berbeda. Karena biasanya dalam radio dakwah tidak ada audio yang memiliki unsur musik baik untuk backsound apalagi pemutaran musik secara utuh. Jadi unsur musik (walau tidak bisa disamakan) akan diganti dengan backsound dari suara natural/alam dan paling sedikit nasyid. Dan pemutaran lagu, akan diganti dengan pemutaran pembacaan Al Quran.

Nah, secara umum tugas staff produksi konten dakwah diantaranya adalah melakukan berbagai macam kegiatan produksi baik rekaman pembacaan, semua jenis iklan, promo program, insert dsb.

Adapun secara terperinci, deskripsi pekerjaannya adalah sebagai berikut :

  1. Memproduksi paket iklan (spot dan promo program) dan berita serta paket program lainnya.
  2. Bertanggung jawab terhadap seluruh dokumentasi hasil produksi baik paket iklan, promo, dan berita.
  3. Melakukan berbagai eksperimen guna menambah wawasan dan khasanah produksi.
  4. Memproduksi rekaman untuk program acara yang akan disiarkan, dan mengambil sumber baik dari buku, majalah, internet dan sumber lainnya.
  5. Melaporkan hasil rekaman kepada Manager Produksi, Manager Siaran dan Direktur.
  6. Menempatkan hasil rekaman di folder yang telah ditentukan di komputer siaran dan menyampaikan pemberitahuan kepada Bagian Marketing, Manager Siaran, Penyiar.
  7. Membuat list pekerjaan produksi per pekan dan melaporkan progress kerja kepada Manager Produksi dan Sekretaris.
  8. Mengarsipkan setiap hasil rekaman yang sudah disiarkan.

Nah, demikianlah jobdesc atau deskprisi pekerjaan dari seorang staff produksi konten pada sebuah radio dakwah. Semoga bermanfaat.

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>