Manajemen Dan Keberhasilan Sebuah Stasiun Radio

Sukses Manajemen

Menurut Wikipedia, Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan menurut Ricky W. Griffin manajemen didefinisikan sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Walaupun istilah Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Namun kehadiran teori manajemen telah membantu kita dalam melakukan berbagai macam proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya di dalam sebuah perusahaan/organisasi/lembaga bahkan sebuah stasiun radio.

Pernah diceritakan bahwa ada sebuah stasiun radio yang berhasil di dalam kegiatan siaran mereka, baik on-air maupun online. Pendengarnya banyak dan animo masyarakat terhadap stasiun radio tersebut sangat bagus sehingga tentunya menjadi banyak rujukan stasiun radio lainnya yang semisal. Namun, terlepas dari keberhasilan tesebut, ada sebuah aspek lain yang mungkin masih disepelekan dalam sebuah stasiun radio tersebut. Yaitu pada aspek manajemen dan pengelolaan keuangannya.

Memang, titik fokus sebuah stasiun radio masih tertuju kepada bagaimana suksesnya kegiatan siaran yang dihadirkan baik dalam format on-air ataupun online. Bagaimana menjaring pendengar sebanyak-banyaknya sehingga menciptakan peluang bisnis iklan yang menjanjikan. Dan fokus lainnya yang berkenaan dengan teknis siaran yang memang menjadi sebuah program dari setiap stasiun radio pada umumnya.

Namun aspek manajemen di dalam sebuah ruang lingkup stasiun radio jangan juga dipandang sebelah mata. Tentunya kita juga ingin selain kegiatan siaran kita berjalan secara lancar dan sukses namun disana juga tercipta sebuah sistem yang mendukung untuk menuju keberhasilan tersebut.

Sebagai contoh saja, tentunya dalam sebuah stasiun radio kita perlu adanya jadwal penyiar, jadwal program acara, Standard Operating Procedure (SOP) untuk setiap pekerjaan, kita juga membutuhkan pengarsipan surat masuk keluar, pengarsipan dokumen penting, dan masih banyak lagi bagian-bagian yang terkait dengan aspek manajemen ini secara luas yang intinya mendukung untuk terselenggaranya berbagai pekerjaan secara rapi dan tersusun secara sistematis.

Tentunya dengan dukungan aspek manajemen yang baik dalam sebuah stasiun radio ini, maka secara otomatis akan pula mendukung keberhasilan sebuah stasiun radio di dalam melaksanakan berbagai macam kegiatan penyiaran dan pekerjaan lainnya yang tercakup dalam ruang lingkup sebuah stasiun radio.

So.. mari kita tingkatkan lagi pengetahuan kita dalam masalah manajemen ini. Semoga sukses senantiasa bersama kita. Aamiin.

Salam

ManageRadio.com

image from http://www.zen-et-efficace.com

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>