Manage Radio or Manager Radio?

management radio

Hi, ini adalah posting pertama dan perdana di ManageRadio.Com. Mungkin Anda bertanya-tanya sebenarnya fokus konten web ini lebih menitikberatkan kepada bagaimana caranya memanage sebuah stasiun Radio atau bagaimana caranya menjadi seorang Manager Radio?

Lol! Mungkin kita akan berjalan di dua kemungkinan itu kali yah. Karena dengan banyaknya kemungkinan maka akan begitu banyak artikel yang bisa dikumpulkan dalam web ini. Yes!

Okay, sebenarnya memanage sebuah stasiun Radio tidak jauh beda dengan kondisi seorang Manager/Direktur dalam mengelola perusahaan yang dia miliki. Namun, di sebuah stasiun Radio, fleksibilitas dan suasana dinamis akan lebih terasa dibandingkan suasana tempat kerja yang lainnya di dunia ini. Wow!

Tidak berusaha bersikap lebay, namun bekerja di sebuah stasiun Radio memang terasa menyenangkan. Setidaknya suasana ceria akan senantiasa menemani hari-hari kita dengan berbagai suara-suara indah para penyiar dan saling bergantinya program acara di setiap waktu..

Hmm balik lagi deh yah kepada pembahasan Memanage Radio. Memang secara tidak sadar pembahasan kita pada nantinya akan mengerucut kepada siapa yang akan memanage dan siapa yang dimanage? Jadi ManageRadio memang bisa menjadi dua buah keterkaitan antara tugas Manager sebuah Station Radio dengan ruang lingkup Management yang harus ada dan berjalan secara sistematis sehingga menjadikan sebuah lingkup kerja yang tertata rapi, teratur dan terkendali dengan hasil kerja yang sudah pasti memuaskan.

Nah dalam pembahasan Management di sebuah stasiun Radio kita bisa membaginya ke dalam dua bagian. Yang pertama yaitu Management Umum dan yang kedua adalah Management Stasiun.

Di dalam Management Umum kita akan membahas beberapa hal diantaranya adalah tentang:

  1. Kepemimpinan
  2. Motivasi
  3. Komunikasi
  4. Delegasi
  5. Rapat
  6. Rekrutmen dan Seleksi
  7. Pelatihan dan Pengembangan
  8. Pekerjaan dan Kantor
  9. Kerjasama dan Moril
  10. Memuji dan Mengkritik
  11. Disipilin dan Pemberhentian
  12. Mengelola Waktu
  13. Merencana dan Membuat Laporan
  14. Korespondensi
  15. Keluhan
  16. Hubungan Masyarakat

Adapun dalam pembahasan Management Stasiun:

  1. Riset
  2. Pemrograman
  3. Stasiun
  4. Produksi dan Presentasi
  5. Periklanan : Penulisan
  6. Periklanan : Produksi
  7. Periklanan : Pemasaran
  8. Manajemen Teknik
  9. Legislasi dan Perundangan

Keseluruhan pembahasan di atas terdapat dalam buku Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers. Ke depan mudah-mudahan kita bisa mengupasnya satu persatu yah .. Semoga :)

Salam

ManageRadio

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

One Response to “Manage Radio or Manager Radio?”

  1. Mr WordPress says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in and view the post's comments. There you will have the option to edit or delete them.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>