Pentingnya Menyusun Detail Jobdesc Untuk Kru Radio

jobdesc ok

Jobdesc karyawan merupakan deskripsi pekerjaan yang harus dipahami dengan baik oleh setiap karyawan dalam setiap perusahaan, mulai dari tingkatan jabatan terendah sampai dengan tingkat jabatan tertinggi. Begitu halnya juga dengan perusahaan radio. Tentunya sebagai pimpinan sebuah perusahaan radio, kita tidak ingin para kru bekerja asal jalan saja tanpa ada rincian pekerjaan yang jelas dan tersusun secara sistematis. Efek dari tidak adanya jobdesc yang jelas adalah tidak efektifnya waktu para kru radio dalam rentang waktu kerja yang sudah ditentukan.

Maka dari itu, sebelum mendirikan sebuah perusahaan radio. Seluruh perangkat administrasi dalam bidang kepersonaliaan idealnya haruslah lengkap dan sudah tersusun dalam satu buku manajemen yang detail dan sistematis. Sehingga ketika nanti diadakan proses rekrutmen, manajemen tidak akan merasa kebingungan.  Ketika seluruh karyawan masuk kerja nanti, mereka akan langsung bisa bekerja sesuai tugas dan deskripsi pekerjaan yang ada dan sesuai jabatannya masing-masing.

Realitanya, secara garis besar mungkin kita sudah menyusun jobdesc karyawan dalam satu lembar penjelasan yang berisikan rincian pekerjaan inti yang kita jelaskan kepada seluruh karyawan ketika mereka baru pertama kali masuk kerja. Namun, seringnya untuk detail pekerjaan setiap hari kita tidak sempat untuk memberikan delegasi tugas harian dan melakukan tugas pengontrolan dan juga evaluasi hasil kerja. Sehingga kembali lagi, akan kita dapati banyaknya pemborosan waktu kerja karyawan. Apalagi jika kita tidak melakukan pengawasan yang ketat terhadap seluruh karyawan.

Oleh karena itu, apabila sebuah perusahaan radio sudah memiliki jumlah karyawan di atas sepuluh orang. Penting sekali untuk membagi mereka menjadi beberapa tim/divisi lalu mengangkat satu orang yang sudah berkompeten untuk menjadi menajer/kepala dari setiap divisi/tim tersebut. Sebut saja misal tim siaran, tim produksi, tim marketing dan offair, tim IT dan yang lainnya.

Nah, dari pembagian dan penunjukkan kepala divisi/tim tersebut, kita sudah memecah konsentrasi kontrol manajemen. Sehingga pimpinan (direktur/owner) akan lebih mudah mengontrol dan menanyakan hasil kerja seluruh karyawan dari para kepala tim/divisi tersebut.

Dalam hal pemberian tugas harian secara mendetail juga kita bisa limpahkan wewenang terssebut kepada seluruh kepala tim. Dan minta mereka untuk menuliskan hasil laporan dari setiap pekerjaan harian kru yang berada di bawah pengawasannya. Karena tentunya, kebutuhan pekerjaan harian dari setiap kru akan berbeda-beda sesuai tingkat kompleksitas pekerjaan masing-masing divisi/timnya.

Oleh karena itu, selain membuat jobdesc yang jelas dan berisikan rincian tugas atau pekerjaan utama bagi setiap jabatan dalam sebuah perusahaan radio. Penting juga menyusun detail tugas harian dan melaporkannya dalam sebuah bentuk laporan berkala. Yang tentunya dari hasil laporan ini akan menjadi salah satu bentuk indikator keberhasilan dalam mengukur kinerja para karyawan tersebut.

Jangan lupa juga pengawasan dalam proses pengerjaan dari setiap tugas dan mengevaluasinya untuk hasil yang lebih baik.

Selamat mencoba!

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>