Mengetahui Jobdesc Staff Kerumahtanggaan atau Staff Umum di Perusahaan Radio

cs ok

Assalamu’alaikum sahabat MR, sebuah perusahaan radio yang profesional tentu akan sangat memperhatikan segala macam hal sampai sedetail-detailnya. Tidak hanya berfokus kepada siaran saja. Tapi juga seluruh hal yang mendukung lancarnya seluruh kegiatan operasional stasiun radio.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana terciptanya lingkungan kerja yang kondusif yang tentunya diawali dengan kondisi stasiun radio yang bersih, rapi, nyaman, dan indah dipandang mata. Karena hal tersebut akan membawa citra/image positif bagi stasiun radio tersebut di mata umum.

Untuk itu sebuah stasiun radio perlu merekrut karyawan yang bertugas untuk menangani segala macam pekerjaan umum tersebut. Ya, kita bisa menyebutnya sebagai staff umum atau staff kerumahtanggaan. Kalau di perusahaan-perusahaan mungkin ada istilah cleaning service yang tugasnya biasanya hanya khusus pada kebersihan dan kerapian, dan ada pula office boy yang biasanya bertugas untuk membantu kelancaran seluruh kegiatan operasional harian di sebuah kantor. Nah namun untuk keefektifan, tentunya kita perlu seorang karyawan/kru yang bisa menghandel itu semua. Lalu apa saja fungsi dari staff umum/kerumahtanggan ini?

Fungsi seorang staff umum/kerumahtanggaan adalah untuk  membantu Manager Umum dan Kerumahtanggan dalam melakukan berbagai pekerjaan kerumahtanggaan radio. Sebelumnya kita pernah membahas tentang Jobdesc seorang Manager Umum dan Kerumahtangaan ya. Ini udah profesional banget lho! Karena kebanyakan, demi meminimalisir beban operasional kadang sebuah radio hanya butuh seorang OB saja atau bahkan OB nya gak ada, diganti dengan gotong royong dari semua kru. Nah, tapi biasanya gak akan maksimal ya hehe.

Lalu, apa saja tanggung jawab dan deskripsi pekerjaan dari seorang staff umum dan kerumahtanggan ini? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini:

Tanggung Jawab:
1.    Menjaga kebersihan dan kerapihan kantor.
2.    Pelayanan tamu.
3.    Menyediakan konsumsi kru dan pemateri.
4.    Merapihkan dan membersihkan ruangan.
5.    Ekspedisi barang dan surat.
6.    Mengelola dan membersihkan barang-barang konsumsi dan kerumahtanggaan.
7.    Mencatat keluar masuk peralatan studio dan mengelolanya.
8.    Pembelanjaan perlengkapan dan peralatan.
9.    Menjaga keamanan kantor dan studio.

Deskripsi Pekerjaan :
1.    Menyediakan konsumsi dan keperluan tamu.
2.    Meminta tamu untuk mencatatkan dirinya dibuku tamu.
3.    Menyediakan konsumsi/minuman untuk kru/penyiar dan pemateri.
4.    Mencuci alat makan dan minum kru di sore.
5.    Menyapu dan mengepel ruangan di sore.
6.    Menyedot debu dengan vacuum cleaner setiap senin dan kamis.
7.    Membersihkan sarang laba-laba di hari rabu dan jumat.
8.    Membersihkan kaca studio dan kantor.
9.    Mengelap mebeler dan alat kantor.
10.    Pengiriman surat dan barang temporer.
11.    Foto copy dan pembelian barang.
12.    Merapikan kembali peralatan kantor di sore setiap harinya.
13.    Mendata peralatan kantor dan barang inventaris sepekan sekali.
14.    Penanggung jawab barang dan peralatan kantor/inventaris perusahaan.
15.    Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
16.    Membersihkan ac

Nah, demikianlah sedikit penjelasan mengenai uraian pekerjaan atau job description dari seorang staff umum/kerumahtanggaan di sebuah stasiun radio. Mungkin terlihat simpel, tapi keberadaannya sangatlah penting ya. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>