Mengenal Jobdesc Staff IT pada Perusahaan Radio

technology it radio

Assalamu’alaikum sobat MR semuanya.. pada postingan kali ini kita akan mengenal dan mengetahui seputar jobdesc seorang Staff IT pada perusahaan radio.

Tentunya, di zaman yang sekarang teknologi dan informasi semakin berkembang dengan cepat, perusahaan radio pun perlu menyesuaikan berbagai hal terutama yang menyangkut dengan penyiaran radio yang terintegrasi dengan berbagai platform dan multimedia.

Walau sejatinya, radio merupakan media suara yang dipancarkan melalui serangkaian alat sehingga diterima oleh pesawat radio para pendengar. Namun, di zaman ini tentunya kita harus menyadari bahwa kepemilikan pesawat radio sudah semakin berkurang. Kecuali bagi sebagian pendengar setia dan para pemilik kendaraan roda empat yang masih menyisipkan perangkat radio di kendaraannya. Atau mungkin radio bisa kita dengarkan melalui handphone kita.

Nah, dengan kondisi inilah sebuah stasiun radio harus mengikuti perkembangan zaman. Jika hanya mengandalkan siaran radio secara manual saja melalui frekuensi tertentu, maka mungkin ke depan akan kalah bersaing dengan radio lain yang sudah memanfaatkan berbagai kecanggihan teknologi dalam berbagai siarannya. Misal kita sebut saja siaran streaming internet, melalui aplikasi android/IOS, atau kita sebar pula melalui berbagai medsos.

Untuk itu, saat ini sebuah stasiun radio perlu seorang ahli IT agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Lalu apa saja pekerjaan seorang IT di sebuah stasiun radio?

Fungsi dari seorang staff IT adalah membantu dalam pengembangan IT (Informasi dan Teknologi) terkhusus yang berkenaan dengan radio.

Adapun Tanggung Jawab dan tugasnya adalah sebagai berikut:

  1. Bertanggung jawab secara penuh persoalan teknis jaringan IT yang ada (Peralatan Komputer dan Internet).
  2. Bertanggung jawab terhadap  pemeliharaan dan perawatan seluruh perangkat yang terkait.
  3. Melakukan berbagai eksperimen guna menambah wawasan dan khasanah tentang IT, terutama dalam permasalahan broadcasting, editing (audio & video) dll.
  4. Menentukan dan merencanakan budget/anggaran kebutuhan teknisi dengan sepengetahuan Direktur dan Bendahara.
  5. Melakukan berbagai macam promo online terkait berbagai macam acara yang diselenggarakan oleh Radio (on air dan off air)
  6. Mengelola Streaming Radio.
  7. Mengelola Web Radio.
  8. Upload Publikasi Informasi di dunia maya
  9. Mengelola sistem komunikasi tertulis dunia maya seperti email, Social Media atau sejenisnya.
  10. Pemeliharaan dan perawatan Software dan Hardware komputer.
  11. Penggalian dan penelitian kemungkinan tekhnologi baru untuk software dan hardware komputer.
  12. Upload dan posting Kajian dan Informasi di web .
  13. Download Murottal dan berbagai file yang bermanfaat dari internet.
  14. Mengatasi Masalah tentang IT (Trouble Shooting).

OK, mungkin itu sekilas tentang jobdesc dari seorang staff IT pada sebuah perusahaan radio. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

kredit image: https://blog.lintasarta.net/wp-content/uploads/2020/02/technology.jpg

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>