Mengenal Jobdesc Kolektor Donasi di Stasiun Radio Dakwah

jobdesc kolektor donasi radio dakwah ok

Assalamu’alaikum, sobat MR.. semoga tetap semangat beraktivitas!

Oya, walau web manageradio.com ini mengupas berbagai macam informasi seputar radio secara umum, tapi karena Admin saat ini beraktivitas di sebuah radio dakwah, jadi otomatis banyak postingan di web ini banyak berkenaan dengan administrasi dan manajemen di radio dakwah.

Oke, pada postingan kali ini, kita akan mengetahui jobdesc dari seorang kru yang mungkin ini hanya ada pada radio dakwah. Tapi tidak menjamin juga sih, kalau sebuah radio dakwah sudah tidak memerlukan bantuan donasi lagi mungkin jabatan pekerjaan khusus sebagai kolektor donasi ini bisa jadi tidak diperlukan.

Mungkin saat ini Anda sudah mengetahui bahwa persaingan diantara stasiun radio cukup ketat. Terutama pada radio yang orientasinya bisnis, yang kontennya hanyalah musik dan hiburan lainnya. Tapi, di satu sisi ada satu hal yang cukup mengagetkan karena ternyata untuk genre radio dakwah saat ini malah mengalami kemajuan yang cukup pesat dan signifikan. Perkembangannya dari tahun ke tahun semakin baik dan hampir di setiap daerah saat ini sudah memiliki radio dakwah walau mungkin masih dalam status radio komunitas.

Radio dakwah merupakan radio yang tidak bertujuan untuk mencari profit. Biasanya, radio dakwah dinaungi oleh sebuah yayasan/lembaga dakwah. Tapi ada juga, radio dakwah yang walau berbadan hukum PT, namun tetap saja dalam kegiatannya belum berorientasi kepada bisnis. Nah, lalu bagaimana dengan biaya operasionalnya?

Tidak sedikit, radio dakwah yang dalam kegiatan operasionalnya masih mengandalkan dari donasi yang diberikan oleh para donatur, baik pendengar secara langsung atau kaum muslimin pada umumnya. Memang, jika radionya sudah berstatus LPS (Lembaga Penyiaran Swasta) sebuah stasiun radio bisa menjaring income dari penayangan iklan. Cuma karena banyak radio dakwah yang tidak ingin tersibukkan dengan menjaring iklan, atau dengan kehati-hatian dalam menerima produk yang ingin diiklankan, sehingga ada radio dakwah yang sama sekali membuka penerimaan iklan atau ada yang menerima untuk penyiaran iklan tapi sangat selektif sehingga tidak banyak iklan yang bisa disiarkan di stasiun radio tersebut.

Nah, dari donasi inilah radio dakwah bisa tetap beroperasional. Memang sangat beresiko, tapi masya allah banyak radio dakwah tidak hanya tetap eksis malah jauh lebih berkembang dari radio yang berorientasi kepada bisnis.

Untuk donasi yang masuk sendiri, ada donasi yang masuk dari pendengar secara langsung baik pendengar yang memberikan secara langsung ke kantor studio. Dan ada juga donatur yang meminta donasinya djemput, karena tidak bisa memberikan secara langsung atau dengan transfer. Sehingga dari sinilah, ada petugas yang disebut dengan kolektor donasi yang bertugas untuk menjemput donasi ini berkeliling ke para donatur secara langsung door to door.

Nah, untuk lebih jelasnya kita akan share jobdesc kolektor donasi pada stasiun radio dakwah:

  1. Melakukan pendataan donatur, mulai dari nama, alamat lengkap, jumlah donasi, nomor kontak, tanggal dan waktu penjemputan.
  2. Melakukan kegiatan penjemputan donasi sesuai dengan jadwal penjemputan yang telah didata dan setelah mengkonfirmasi donatur terlebih dahulu, baik melalui SMS/WA atau Telepon.
  3. Melakukan pencatatan donasi melalui buku khusus catatan donasi.
  4. Melaporkan secara berkala kepada Bendahara hasil donasi yang didapatkan selama satu pekan dan laporan keseluruhan selama satu bulan.
  5. Melaporkan dan mengkonsultasikan kepada Direktur jika ada kesulitan dalam penjemputan donasi dan masalah-masalah lainnya seputar donasi.
  6. Menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan para donatur.

Nah, demikian sekilas jobdesc kolektor donasi pada stasiun radio dakwah. Semoga bermanfaat!

sumber gambar: https://akcdn.detik.net.id/

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>