Langkah-langkah bagaimana pemimpin radio memecahkan masalah

memecahkan masalah

Halo, sahabat MR. Jika Anda seorang unsur pimpinan dalam sebuah organisasi/perusahaan terutama dalam sebuah perusahaan radio. Maka tentu kita akan selalu diuji bagaimana level kepemimpinan kita. Mungkin ada diantara Anda yang menjadi seorang Direktur, General Manager atau Manager Divisi. Tentunya kita harus senantiasa meningkatkan kemampuan kepemimpinan kita. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan adalah diantaranya kemampuan dalam hal memecahkan masalah.

Dalam postingan ini kita akan mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam memecahkan masalah:

1. Perhatikan adanya tanda-tanda peringatan

Masalah biasanya sering mengirim tanda-tanda peringatan awal. Biasanya ada tanda-tanda bahwa masalah staff/kru akan muncul. Misalnya meningkatnya absensi, maksudnya ada kru yang sering tidak masuk kerja, kinerjanya memburuk, kegelisahan, seringkali datang terlambat atau perubahan perilaku lainnya. Nah sebagai pimpinan, kita harus memperhatikan jika ada tanda-tanda demikian.

2. Kenali masalahnya

Masalah yang sebenarnya tidak selalu mudah dideteksi. Kadang-kadang ada sejumlah masalah terkait dan Anda perlu mengenali mana yang penting. Tetapi sering dapat ditemukan masalah pokoknya jika Anda memilah-milah fakta dengan cermat. Anda tidak dapat membuat keputusan yang wajar sebeluym mengetahui masalah yang sebenarnya. Kemudian Anda perlu mendefinisikannya.

3. Analisa masalahnya

Setelah Anda mendefinisikan masalahnya (sebab maupun gejalanya). Mula-mula kumpulkan faktanya. Anda mungkin tidak mendapat semuanya, tapi kumpulkan sebanyak mungkin. Lalu pilih-pilih diantaranya. Tanya diri sendiri: “Apa yang ditunjukkan fakta ini?” Pertimbangkan informasinya. Pikirkan baik-baik. Maka Anda akan dapat memahami unsur-unsur pembentuk masalah itu.

4. Kembangkan solusi alternatif
Supaya Anda dapat menemukan solusi terbaik bagi sebuah masalah, Anda harus mempertimbangkan semua alternatifnya. Jika Anda mengembangkan berbagai pilihan, tidak hanya satu kemungkinan akan ditemukan tindakan terbaik yang harus dilakukan. Perlu diperhatikan bahwa hanya sedikit masalah yang mempunyai satu solusi saja.

5. Evaluasi solusi terbaik.

Setelah mengembangkan semua pilihan, Anda harus mengujinya dengan membayangkan bahwa solusi itu diterima. Pertimbangkan akibat yang diinginkan dan yang tidak diinginkan dari masing-masing solusi. Evaluasi hal-hal yang baik dan buruk dari solusi itu. Cara yang berguna untuk melakukan ini adalah analisa SWOT. SWOT adalah kependekan dari Strengths (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman) dari masing-masing pilihan.

6. Ambil Pilihan Terbaik.

Ketika membuat keputusan akhir mengenai cara memecahkan masalah, Anda dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain, beberapa diantaranya bersifat pribadi, pengalaman Anda sebelumnya di bidang manajemen, pengetahuan Anda mengenai radio siaran, nasihat yang Anda terima dari orang lain atay bahkan dengan pengujian dan eksperimen.

7. Laksanakan keputusan itu.

Anda harus merencanakan pelaksanaan keputusan Anda dengan hati-hati. Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini: apa yang sebenarnya harus dilakukan, harus dilakukan dengan urutan bagaimana, siapa yang akan melakukannya, dimana akan dilakukan dan dalam kerangka waktu bagaimana? Karena kebanyakan keputusan mempengaruhi atau melibatkan orang lain, Anda perlu berkomunikasi dan berkonsultasi dengan mereka untuk memperoleh pengertian dan dukungan.

8. Tindak lanjuti dan evaluasi hasil-hasilnya

Pemeriksaan tindak lanjut yang rutin akan menjamin bahwa masalahnya susah dapat dikendalikan. Masalah kecil dapat dikoreksi pada waktu terjadi. Jika persoalannya tidak terpecahkan, mungkin akan berguna untuk menjalankan proses pemecahan masalah sekali lagi.

Sumber: Manage by The Moment, A Handbook for Radio Managers oleh Keith Jackson dan Phil Charley dan Tom Hagan

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>