Cara Membuat Angket Pendengar Radio

angket pendengar radio

Walau sampai saat ini, belum ada alat ukur yang presisi untuk mendata jumlah dan data pendengar radio, tapi buktinya hasil survey beberapa lembaga survey terkenal seringkali menjadi acuan bagi banyak orang untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilan sebuah stasiun radio, terutama di kota-kota besar.

Untuk melakukan sebuah survey, kita bisa meminta bantuan atau jasa survey yang kredibel tapi jika memang tidak ada budget untuk menyewa jasa survey, tidak ada salahnya kita melakukan survey mandiri secara sederhana. Salah satunya adalah dengan menyebarkan angket kepada masyarakat secara langsung.

Menyebarkan angket secara langsung memang mungkin menyita waktu dan merupakan cara klasik dalam menghimpun data. Tapi jika kita memiliki komunitas sekaligus bagian dari pendengar stasiun radio kita, maka tidak ada salahnya kita menyebarkan angket semisal di event-event yang mendatangkan massa yang cukup banyak.

Kita akan ambil contoh misalkan radio dakwah dengan komunitas tersendiri yang memiliki segmentasi yang tertarget dan loyal dengan radio yang memiliki metode dakwah yang sama. Ketika diselenggarakan kegiatan pengajian umum yang bisa menghadirkan ratusan bahkan ribuan jama’ah kita bisa menyebarkan angket yang nantinya bisa dikumpulkan kembali dalam rangka polling, survey program atau bahkan menghimpun data semisal lokasi pendengar dan nomor hp.

Nah, dari hasil pengumpulan angket tersebut nanti kita bisa menghimpun data yang bermanfaat untuk kebutuhan stasiun radio kita. Dalam postingan kali ini saya akan share contoh angket yang bisa dibuat dan disebarkan.

ANGKET PENDENGAR-page-001

 

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>