Mengenal Erick Tohir, Ketua PRSSNI Pusat Periode 2019-2023

erick tohir ketua prssni

Hai, pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang PRSSNI alias Persatuan Radio Swasta Nasional Indonesia secara singkat. Pada postingan ini kita akan membahas tentang Ketua Umumnya yang saat ini dijabat oleh Erick Tohir (Periode 2019-2023), yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri BUMN RI.

Nama Erick Tohir saat ini memang sedang mencuat. Dan tidak diragukan lagi jika Erick Tohir juga bisa terpilih untuk menjabat menjadi Ketua PRSSNI untuk periode 2019-2023. Baiklah kita akan membahas sedikit profilnya terlebih dulu ya.

Erick Thohir, B.A., M.B.A. (lahir di Jakarta, 30 Mei 1970; umur 49 tahun) adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara ke-9 Kabinet Indonesia Maju yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019.

Sebelum menjadi Menteri, Erick Thohir merupakan seorang pengusaha asal Indonesia dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment. Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (broadcast), yakni Gen FM & Jak FM, stasiun televisi Jak tv, media luar ruang (out of home) Mahaka Advertising, penerbitan (publishing), yakni Harian Republika, Golf Digest, pemesanan dan penjualan tiket digital yakni Rajakarcis.com dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.

Ia mengakuisisi klub sepak bola dan Klub Italia yang berlaga di seri A yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milano) pada November 2013. Erick Thohir dipercaya sebagai presiden klub ke-21 dalam 106 tahun sejarah klub tersebut. Bersamaan dengan itu, ia juga memiliki klub sepak bola Amerika, D.C. United dan juga pernah sebagai pemilik klub bola basket NBA Philadelphia 76ers.

Erick Thohir pernah menjabat sebagai ketua tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin setelah namanya diumumkan pada 7 September 2018.

Sekembalinya ke Indonesia, bersama beberapa rekan semasa kuliahnya ia mendirikan Mahaka Group. Perusahaan ini membeli Republika pada tahun 2001 saat berada diambang kebangkrutan. Ia mendapat bimbingan dari ayahnya serta pendiri Kompas dan pendiri Jawa Pos. Mahaka Group melebarkan potensinya dengan mendirikan perusahaan media luar ruang bernama Mahaka Advertising seiring bertubuhan ekonomi dan masyarakat perkotaan pada tahun 2002.

Setelah meluncurkan stasiun televisi Jak tv untuk memperkuat positioning sebagai bisnis yang fokus pada masyarakat perkotaan pada tahun 2005, Mahaka memperkenalkan radio 98.7 Gen FM & 101 Jak FM serta penyertaan pada PT Radionet Cipta Karya (Prambors FM, Delta FM dan FeMale Radio) serta berbagai perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, hiburan, dan digital. Ia juga pendiri dari organisasi amal Darma Bakti Mahaka Foundation. Pada tahun 2008, bersama Anindya Bakrie mendirikan tvOne dan situs berita, Viva news. Pada tahun 2014, ia menjabat sebagai Direktur Utama Antv hingga sekarang. (Sumber: Wikipedia)

Mantap juga kan ya kiprah Erick Tohir ini. Lalu bagaimana dengan pengangkatannya menjadi Ketua PRSSNI saat ini?

Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) mengangkat Erick Thohir secara aklamasi sebagai Ketua PRSSNI periode 2019-2023. Proses ini dilakukan dalam Kongres yang berlangsung di Jakarta, Selasa (30/4).

Menurut Erick, perkembangan teknologi yang begitu pesat memiliki dampak yang besar terhadap industri media. Pergeseran dari media konvensional ke digital pun tidak bisa terelakkan. Namun, di tengah era disrupsi ini radio masih tetap terjaga eksistensinya dan masih melekat di hati masyarakat.

Erick mengatakan, radio masih menjadi media pilihan masyarakat. Ini termasuk ketika kita menghadapi rasa penat terjebak kemacetan di dalam kendaraan, radio tetap setia menghibur. Bersama dengan itu pula, radio masih menjalankan perannya sebagai alat pendidik, penerangan, dan hiburan bagi masyarakat.

“Secara emosional, radio sangat lekat dalam kehidupan saya. Industri radio itu pula yang turut mewarnai perjalanan usaha saya. Selama menjadi pelaku usaha, saya mendedikasikan diri untuk turut serta dalam upaya memajukan industri radio di Indonesia. Dari situlah tekad dan optimisme saya terpupuk untuk membawa Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) ini sebagai lokomotif yang mampu membawa industri radio ini menuju puncak kejayaannya,” ujar Erick.

Menurut Erick, untuk mencapai puncak kejayaan tersebut masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Ini mengingat banyaknya tantangan dan permasalahan kompleks yang harus dihadapi industri radio sekarang. Beberapa yang sangat vital diantaranya adalah Radio expenditure (Radex) yang secara nasional masih stagnan berjalan ditempat dan potensinya belum digali secara optimal.

Lalu, Erick mengatakan jumlah pendengar radio berdampak pada perebutan pasar pendengar yang beririsan pula dengan masifnya perkembangan platform digital. Masalah ini juga, kata dia, turut menghadirkan efek domino terhadap persepsi pelaku bisnis, yang tidak lagi memandang radio sebagai marketing tools yang sangat kuat.

“Dalam mengemban amanah sebagai Ketua PRSSNI periode 2019-2023 ada empat gagasan utama yang akan menjadi pondasi saya untuk memajukan organisasi ini, pertama meningkatkan daya saing industri radio, kedua meningkatkan radio expenditure, ketiga standarisasi pengelolaan radio, dan yang keempat sinergi pemerintah untuk regulasi yang mendukung kemajuan industri. Empat gagasan ini yang akan menjadi haluan besar yang kemudian akan kita tuangkan menjadi program-program strategis yang saya yakini dapat menjawab tantangan kita hari ini,” papar dia.

Malik Syafei dari Masima Corporation menyatakan, dipilihnya Erick sebagai Ketua PRSSNI karena punya track record bagus dalam industri media radio belakangan ini.

“Selain memiliki grup media radio terbesar di Indonesia, pak Erick juga punya visi dan misi untuk menjawab tantangan industri radio di masa depan. Terutama di era revolusi industri 4,0, yang harus memadukan industri radio terkini dengan perkembangam tehnologi. Mungkin nanti berkembangnya menjadi industri audio jika dikaitkan dengam revolusi 4,0. Tapi, apapun itu, radio sebagai media informasi tidak akan mati,” ujar Malik.

Hal senada juga diungkapkan Ganjar Suwargijamhir dari PRSSNI Jawa Tengah yang menyambut baik penunjukkan Erick Thohir sebagai Ketua PRSSNI. “Selain akan membenahi komunikasi dalam organisasi PRSSNI, pak Erick yang bukan orang baru di industri Radio bisa mengembangkan industri ini lebih maju dengan mengkombinasikan kemajuan tehnologi,” jelas Ganjar. (Sumber: Republika)

Hmm, tidak ragu lagi deh ya kenapa PRSSNI memilih Erick Tohir menjadi Ketua PRSSNI untuk periode 2019-2023. Dengan sederet prestasi dan keberhasilannya Erick Tohir memang sangat layak untuk memimpin PRSSNI. Semoga PRSSNI semakin sukses bersama Erick Tohir.

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>