Ini Dia Hal-hal Teknis Yang Harus Diperhatikan Untuk Menjadi Penyiar Radio

hal dasar penyiar radio

Menjadi penyiar radio itu gampang-gampang susah lho! Setiap orang suka¬† berbicara, ngomong, ngobrol, ada juga yang mungkin suka pidato, ngisi ceramah, tausiyah atau khutbah jum’at. Tapi belum tentu lho setiap orang bisa piawai ngomong pas di depan mic siaran hehe. Kebanyakan orang yang pertama kali ngomong depan mic siaran pasti grogi dan gemeteran, dan suka kikuk plus kekurangan kata-kata padahal kan di studio orangnya ya cuma dia sendiri paling sama operator aja. Wah wah koq bisa gitu ya?

Nah, ternyata menjadi penyiar radio emang gak hanya bisa modal suara dan ngomong aja. Punya suara bagus emang jadi nilai plus tapi kalau gak lancar ngomongnya ya percuma juga sih! So.. kalau mau jadi penyiar radio kamu harus tahu dulu hal-hal teknis apa aja yang harus diperhatikan untuk menjadi penyiar radio:

Artikulasi yang jelas

Penyiaran radio 100% diterima melalui suara. Untuk itu, artikulasi (kejelasan dalam pengucapan kata) haruslah jelas. Tidak harus cepat, yang penting artikulasi jelas.

Pernapasan yang baik

Saat berbicara, pernapasan adalah hal penting yang perlu dilatih. Jangan sampai kita terkesan seperti orang kelelahan.

Mengerti semua konten siaran yang disajikan

Setiap radio memiliki format konten siaran yang berbeda-beda, ada yang umum dan ada yang khusus. Misal yang khusus adalah radio dakwah, biasanya radio dakwah hanya menghantarkan pembacaan Al-Quran dan insert-insert nah tentunya penyiar juga harus paham untuk penyesuaian dalam penghantaran setiap konten yang akan disajikan. Misal pembacaan murottal anak dibacakan di pagi hari dan sore hari dsb.

Mood baik

Penyiar tidak boleh terdengar murung atau tidak bersemangat. Karena mood yang buruk akan mengakibatkan siaran menjadi tidak optimal. Mood yang bagus terkadang susah didapat. Untuk itu penyiar radio harus belajar untuk tidak membawa masalah pribadi saat siaran.

Pengetahuan yang luas

Mau tidak mau penyiar radio harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Agar dia bisa menyampaikan siarannya dengan luwes dan tanpa ada momen kehabisan ide, kehabisan info, dan yang parah kehabisan kata-kata karena gak tahu mau ngomong apa lagi hehe. Malu dong ya!

Sumber: https://www.hipwee.com/list/tips-dan-trik-jitu-menjadi-seorang-penyiar-radio-yang-kece-abis/ dengan sedikit tambahan.

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

One Response to “Ini Dia Hal-hal Teknis Yang Harus Diperhatikan Untuk Menjadi Penyiar Radio”

  1. […] yang sudah disebutkan dalam postingan sebelumnya, menjadi penyiar radio yang piawai itu gak instan lho! Kalau kamu misalkan melamar jadi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>