Mengenal Cara Pengelolaan Perizinan Perusahaan Radio

perizinan radio

Perizinan dalam sebuah perusahaan merupakan aspek paling penting yang harus diurus terlebih dulu. Memang ada perizinan yang bisa kita dapatkan seiring berjalannya kegiatan perusahaan. Namun ada juga bentuk perizinan yang harus ada sebelum sebuah perusahaan berdiri dan memulai berbagai kegiatannya.

Begitu juga halnya dengan perusahaan radio, berbagai macam bentuk perizinan dibutuhkan agar perusahaan radio kuat di mata hukum. Misalnya akta pendirian, NIB (Nomor Induk Berusaha), Surat Keterangan Domisili Perusahaan, NPWP, IMB, dan juga yang berkaitan dengan siaran itu sendiri misalnya IPP (izin penyelenggaraan penyiaran) dan ISR (izin stasiun radio).

Lalu, bagaimana perusahaan radio bisa mengurus semua perizinan tersebut? Sebenarnya mengurus perizinan di zaman ini cukup mudah. Asalkan seluruh persyaratan terpenuhi, semua perizinan tentunya bisa kita dapatkan.

Jika stasiun radio memiliki seorang sekretaris perusahaan, maka tugas mengurus dan mengelola perizinan ini akan dikerjakan oleh seorang sekretaris.

Mari kita simak secara ringkas bagaimana aspek perizinan dikelola dalam sebuah perusahaan radio:

  • Sekretaris mengurus semua aspek perizinan penting yang harus ada pada sebuah perusahaan radio, sampai dengan keluar bukti izin baik dalam bentuk sertifikat, surat keterangan, surat izin dll.
  • Mengetahui jalur pengurusan perizinan yang sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  • Menginventarisir semua bentuk perizinan penting tersebut dan menjaganya agar masa berlakunya tetap berjalan dan tidak kadaluarsa atau telat membayar biaya perizinan (jika ada, baik tahunan, lima tahunan dll)
  • Membuat arsip lengkap baik dalam hal penyimpanan, membuat salinan, atau scanning ke dalam bentuk gambar digital.

Sekretaris perusahaan memegang peranan penting dalam mengurus dan mengelola seluruh bentuk perizinan yang ada pada radio. Untuk itu, lengkapi semua bentuk perizinan perusahaan Anda agar semua kegiatan perusahaan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Semoga bermanfaat.

kredit gambar: https://cdn.idntimes.com/

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>