Membuat Program Kerja dan Rencana Anggaran Belanja Tahunan Radio

proker dan RAB radio tahunan

Keberhasilan sebuah stasiun radio tidak hanya pada dikenalnya siaran radio tersebut di telinga pendengarnya. Tentunya, dibalik salah satu keberhasilan tersebut ada manajemen yang sangat baik dan dilakukan secara profesional. Administrasi dan berbagai instrumennya, bisa menjadi salah satu faktor penting yang bisa mendukung sebuah stasiun radio dalam mencapai keberhasilannya.

Diantara instrumen administrasi yang harus disiapkan oleh sebuah stasiun radio profesional adalah adanya program kerja yang jelas dan rencana anggaran belanja yang masuk akal dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Lalu bagaimana cara membuat program kerja dan rencana anggaran belanja tahunan radio tersebut? Mari kita simak langkah-langkahnya:

  • Membuat jadwal rapat besar tahunan seluruh karyawan untuk merumuskan rencana program kerja dan rencana anggaran belanja tahunan, hendaknya dilakukan di akhir tahun (bulan Desember setiap tahunnya)
  • Sebelumnya, ditayangkan terlebih dulu laporan perkembangan/kondisi perusahaan terakhir.
  • Mengintruksikan kepada seluruh manajer divisi untuk mulai membuat rencana program kerja setiap divisi selama setahun, dibantu oleh semua anggota timnya dalam rapat kecil yang diatur sendiri oleh masing-masing divisi.
  • Sekretaris akan mengumpulkan data rencana proker setiap divisi dan akan melaporkan pada saat rapat.
  • Direktur melalui hasil musyawarah rapat besar akan menyetujui atau memberikan masukan dan tambahan lainnya demi kesempurnaan rencana proker tersebut.
  • Rencana anggaran belanja dibuat berdasarkan kebutuhan untuk pelaksanaan proker dan kebutuhan teknis lainnya yang didasarkan dari pengumpulan data terkait penambahan peralatan, atau penggantian peralatan yang rusak. Dan juga pengeluaran kebutuhan rutin lainnya. RAB akan disetujui oleh Direktur.
  • Rencana Proker dan RAB akan diserahkan kepada Komisaris dan stakeholder terkait untuk diketahui.
  • Sekretaris akan mengawasi pelaksanaan proker dan RAB agar bisa terlaksana selama tahun berjalan.

Tentunya, dengan adanya program kerja dan RAB yang jelas, stasiun radio akan berjalan secara terarah dan terukur. Tentunya, kita tidak mungkin membiarkan stasiun radio kita hanya akan berjalan di tempat dan tidak berjalan profesional.

Selamat mencoba!

credit gambar: https://teropong.id/forum/wp-content/uploads/2018/09/Pengertian-Administrasi-e1537539655289.jpg

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>