Cara Membuat Surat Permohonan Kerjasama Siaran Layanan Masyarakat Kepolisian

siaran kepolisian radio

Dalam rangka untuk lebih mencerdaskan masyarakat akan pentingnya informasi-informasi dan ketaatan kepada Pemerintah melalui media, khususnya media Radio. Penting bagi sebuah stasiun radio untuk juga menjalin sebuah kerjasama yang baik dengan seluruh pihak dan elemen kepemerintahan setempat dalam penyampaian informasi yang bermanfaat kepada masyarakat, dalam hal ini adalah pihak Kepolisian.

Kepolisian sebagai salah satu elemen kepemerintahan yang memiliki fungsi dan tugas menjaga keamanan dan ketertiban kehidupan bermasyarakat dalam arti luas dan merupakan sebuah lembaga yang memiliki hubungan yang dekat dan langsung bersinggungan dengan masyarakat. Tentunya sangat berharap jika himbauan, informasi, sosialisasi peraturan yang ada, dan juga hal lainnya yang sifatnya informatif bisa segera disampaikan dan dilaksanakan juga dipatuhi oleh segenap elemen masyarakat.

Salah satu bentuk kerjasama yang baik dalam penyampaian informasi diantara pihak Kepolisian dan stasiun radio setempat adalah dengan diadakannya program acara talkshow interaktif Kepolisian. Program ini tidak hanya menjadi sebuah media penyampai informasi bagi pihak kepolisian, namun juga lebih mengenalkan kinerja kepolisian secara dekat dan langsung melalui media siaran yang tentunya lebih memasyarakat. Seluruh rangkaian informasi bisa segera didengar oleh masyarakat dan sebaliknya masyarakatpun bisa memberikan aspirasi mereka terkait perkembangan situasi yang ada yang memang memerlukan tindakan dan respon cepat dari pihak kepolisian. Memang selama ini terkesan adanya benteng yang cukup tinggi diantara pihak polisi dan masyarakat. Saat ini masyarakat masih memiliki citra yang negatif terhadap Kepolisian sebagai sebuah lembaga yang ditakuti dan susah ditembus oleh masyarakat biasa. Namun tentunya image ini insya allah akan terkikis dengan kedekatan kepolisian dengan masyarakat dengan adanya siaran interaktif radio bersama pihak Kepolisian ini.

Jika sebuah stasiun radio ingin melakukan bentuk kerjasama bersama pihak Kepolisian dalam penyelenggaran siaran interaktif maka sebaiknya buatlah surat permohonan resmi yang ditujukan kepada Pejabat tertinggi yang memimpin di wilayah setempat (misal Kapolres/Kapolresta). Dan tentunya kita bisa memohon mohon kerjasama pihak Kepolisian dan seluruh petugas yang telah diberikan tugas/wakilnya yang diundang sebagai narasumber dalam program acara live interaktif yang kita buat, sehingga nantinya bisa  melakukan kegiatan siaran dan menyampaikan materi terkait tugas dan tanggung jawabnya masing-masing sesuai dengan jadwal siaran yang telah disepakati dan diajukan sebelumnya.

Walaupun terkadang memang ada juga pihak kepolisian yang memiliki inisiatif untuk menawarkan program tersebut ke seluruh stasiun radio yang ada sehingga menjadi sebuah program sosialisasi masal, namun tidak ada salahnya juga dalam rangka membina hubungan yang baik dengan pihak Kepolisian setempat kita mengajukan permohonan kerjasama sebagai fasilitator penyampai informasi seputar Kepolisian kepada masyarakat sekitar.

Untuk contoh surat permohonan Siaran Interaktif Kepolisian ini Anda bisa unduh DISINI [KLIK]

Semoga bermanfaat ya. Sukses Selalu..

Salam
Admin ManageRadio.

The following two tabs change content below.
ManageRadio.Com merupakan website yang fokus kepada konten mengenai management radio dan perkembangan dunia broadcast radio hingga saat ini. Ingin kontribusi disini? Silakan kontak email: hanzamzevian@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>